Kamis 09 Sep 2021 22:32 WIB

Kiat Kembangkan Ide Hingga Jadi Proyek Produksi Film

Fim bukanlah industri murah sehingga banyak langkah yang harus diikuti.

Film (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Film (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produser sekaligus anggota Akademi Film Eropa, Alessandra Pastore, membagikan sejumlah kiat dan langkah agar ide dapat dikembangkan menjadi sebuah proyek produksi film. Menurut Pastore, proyek pengerjaan film tidak dapat dilakukan sendiri.

Ia mengatakan, film adalah sebuah industri yang memungkinkan setiap individu menemukan cerita untuk digali, dan mitra baru untuk berproses bersama. Sinema adalah sebuah industri, sehingga terdapat langkah-langkah yang harus diikuti.

Baca Juga

"Sinema juga bukan industri yang murah, sehingga, ketika kita benar-benar mau melakukannya secara profesional, maka kita harus menggali cerita-cerita yang otentik, yang personal, untuk kemudian diolah bersama-sama dengan tim," kata Pastore dalam lokakarya Europe on Screen, ditulis pada Kamis (9/9).

Wanita berkebangsaan Italia itu mengatakan, film adalah sebuah media yang universal yang mampu berbicara dan menyentuh banyak orang di dunia. Dia mengatakan agar film bisa menjadi sebuah bahasa adalah dengan menjaga keaslian cerita.

"Apa yang membuat sebuah kisah menjadi universal adalah ketika cerita itu otentik, personal, jujur, dan memiliki latar belakang budaya yang spesifik. Penonton akan percaya dengan kisah itu, karena itu nyata dan terasa dekat," ujar Pastore.

Wanita yang juga merupakan pembicara dalam Torino Film Lab tersebut mengatakan, dalam mengembangkan sebuah ide, cerita harus menjadi pesan dan penggerak tim dalam membuat film."Pengembangan (development) adalah bisnis profesional untuk membuat cerita menjadi bentuk yang tepat, dalam skrip, pengemasan, pembiayaan, dan elemen pemasarannya agar film dibuat dengan cara yang sesuai dengan visi kreatif tim yang mengembangkan cerita," kata Pastore.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement