Senin 06 Sep 2021 15:24 WIB

Sering Kembung? Sebaiknya Hindari Bumbu Masak Ini

Bawang putih bisa menyebabkan perasaan kembung menjadi lebih buruk.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Dwi Murdaningsih
Bawang putih bisa menyebabkan perasaan kembung menjadi lebih buruk.
Foto:

FODMAP merupakan singkatan dari fermentable oligo-, di-, mono-saccharides and polyols. Dengan kata lain, FODMAP adalah karbohidrat yang resisten terhadap pencernaan. Alih-alih diserap ke dalam aliran darah, FODMAP akan mencapai ke bagian terdalam usus tempat bakteri tinggal. Di sana, FODMAP bisa memicu masalah pencernaan yang tak diinginkan, terutama perasaan kembung.

"Bawang putih merupakan salah satu sumber FODMAP paling terkonsentrasi," ungkap ahli gizi Megan Rossi PhD RD, seperti dilansir SheFinds.

Akan tetapi, menyingkirkan bawang putih dari pola makan sehari-hari bukanlah hal yang mudah. Ada banyak resep makanan yang melibatkan bawang putih sebagai bahan dasarnya. Beberapa makanan olahan juga kerap menggunakan bawang putih sebagai perisa alami.

"Anda perlu menghindari bahan ini bila Anda menjalani diet rendah FODMAP yang ketat," pungkas Rossi.

Untuk memasak, bawang putih bisa dikurangi atau diganti dengan bumbu memasak lain yang tak kalah sedap. Beberapa di antaranya adalah daun bawang, cabai, serai, saffron, dan kunyit.

Menghadapi masalah pencernaan seperti perut kembung memang tidak mudah. Akan tetapi, mengetahui potensi efek samping dari makanan yang dikonsumsi bisa membantu mengelola permasalahan ini. Dalam hal perut kembung, bila menjauhi bawang putih tidak membuat perubahan apa pun, sebaiknya segera konsultasikan diri ke dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement