Kamis 03 Aug 2023 18:25 WIB

Perut Kembung Bisa Disebabkan Kecemasan dan Stres, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cemas dan stres menganggu keseimbangan pencernaan sehingga menyebabkan perut kembung.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang wanita mengalami perut kembung (ilustrasi). Kecemasan dan stres juga bisa menjadi penyebab kembung.
Foto: www.flickr.com
Seorang wanita mengalami perut kembung (ilustrasi). Kecemasan dan stres juga bisa menjadi penyebab kembung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perut kembung menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Menurut ahli gizi, hal itu biasanya disebabkan oleh banyaknya gas di usus, entah itu berasal dari makanan tertentu atau minuman bersoda.

Selain itu, ternyata ada beberapa pemicu lainnya. Beberapa perempuan mungkin merasa kembung saat menstruasi atau kembung terjadi saat cuaca panas. Ahli gizi Pamela Mason dari Tea Advisory Panel mengatakan, kecemasan dan stres juga bisa menjadi penyebab kembung, karena kondisi itu mengganggu keseimbangan pencernaan.

Baca Juga

"Ketika stres, tubuh memproduksi kortisol yang mengganggu keseimbangan mikroba usus dan menyebabkan pencernaan komponen makanan yang buruk," ujar Mason dikutip dari laman Daily Record, Kamis (3/8/2023).

Kondisi itu dapat menyebabkan kembung yang mungkin disertai dengan akumulasi gas atau kentut karena fermentasi makanan yang salah di usus. Kortisol juga mengomunikasikan situasi "melawan atau lari". Otak kemudian menurunkan intensitas proses yang kurang penting untuk bertahan hidup seperti pencernaan.

Oleh karena itu, stres dapat memperlambat pencernaan yang menyebabkan kembung, nyeri, dan gangguan pencernaan. Hal yang terjadi selanjutnya adalah seseorang mungkin merasa sesak, tertekan, perut penuh, nyeri, atau perut terasa bengkak. 

Saran untuk mengobati kembung termasuk berolahraga secara teratur, mengunyah makanan dengan mulut tertutup, dan minum banyak air supaya tubuh tetap terhidrasi. Mason juga merekomendasikan minum teh hangat untuk mengatasi kembung akibat kecemasan.

Teh mengandung senyawa yang kaya akan aktivitas antioksidan yang disebut flavonoid yang menurut Mason ampuh meredakan kembung. Minum teh hitam dicampur dengan susu atau tanpa susu, sangat baik untuk kesehatan usus kita secara keseluruhan.

Flavonoid juga dapat meningkatkan campuran mikroba di usus dengan mengurangi rasio bakteri yang kurang sehat, diganti dengan bakteri yang sehat. Minuman herbal serta teh jahe dan mint juga memiliki kemampuan untuk mengurangi gangguan pencernaan dan mencegah kembung.

Menurut Mason, kembung biasanya akan berangsur mereda dengan sendirinya. Namun, jika kembung terus berlanjut, mungkin sudah waktunya untuk mengunjungi dokter sebab ada kemungkinan seseorang mengidap penyakit lain seperti alergi makanan atau intoleransi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement