Senin 08 May 2023 14:47 WIB

Susah Buang Air Besar? Ikuti Trik Ini, Dipercaya Jadi Lancar dan Rutin Setiap Pagi

Sebagian besar orang biasanya ingin buang air besar pada pagi hari.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Seseorang mengalami sulit buang air besar (BAB) (ilustrasi). Sebagian besar orang biasanya akan merasakan keinginan buang air besar pada pagi hari.
Foto: www.flickr.com
Seseorang mengalami sulit buang air besar (BAB) (ilustrasi). Sebagian besar orang biasanya akan merasakan keinginan buang air besar pada pagi hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buang air besar (BAB) yang lancar pada pagi hari dapat memberikan perasaan nyaman dan mencegah munculnya gejala mengganggu, seperti kembung dan sembelit. Bila BAB tidak lancar, ada tujuh trik yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

"Buang air besar pada pagi hari dapat mencegah gejala-gejala tersebut (merasa kembung, sembelit, dan lainnya," kata Peyton Berookim dari Gastroenterology Institute of Southern California sekaligus penasihat untuk BelliWelli, seperti dilansir laman Eat This Not That.

Baca Juga

Menurut dr Berookim, sebagian besar orang biasanya akan merasakan keinginan untuk BAB pada pagi hari. Namun, orang-orang yang tak BAB pada pagi hari tak perlu khawatir selama mereka BAB secara teratur.

Selain frekuensi yang teratur, BAB yang sehat juga perlu memenuhi beberapa kriteria. Sebagian dari kriteria tersebut adalah, feses yang dikeluarkan lembut, muncul rasa tuntas setelah BAB, serta tidak mengejan paksa untuk mengeluarkan feses 

Frekuensi BAB yang tidak teratur bisa dipicu oleh beragam hal. Namun pada sebagian besar kasus, perubahan pola hidup bisa membantu memperlancar BAB. Berikut ini adalah tujuh trik yang bisa dilakukan untuk memperlancar BAB, termasuk BAB di pagi hari, seperti dilansir Eat This Not That pada Senin (8/5/2023).

1. Minum air yang teratur

Jarang BAB dan sembelit kerap dipicu oleh kurangnya asupan cairan. Menurut WebMD, air akan membantu makanan bergerak lebih lancar di dalam saluran pencernaan dan menjaga usus tetap fleksibel. Sebaliknya, dehidrasi dapat memicu sembelit kronis atau berkepanjangan karena dapat membuat feses menjadi kering dan berukuran besar.

2. Bergerak aktif

Aktivitas fisik juga berperan besar dalam memperlancar BAB. Alasannya, aktivitas fisik akan membuat saluran pencernaan bergerak secara rutin dan membuat makanan berjalan ke usus besar dengan lebih cepat.

3. Perbanyak serat

Asupan serat, probiotik, dan lemak sehat bisa membantu memperlancar BAB. Terkait asupan serat, dr Berookim merekomendasikan konsumsi serat sekitar 25-28 gram serat per hari. Beberapa contoh makanan yabg tinggi serat adalah buah-buahan, sayur-sayuran, biji flax, dan biji chia.

Sedangkan probiotik bisa didapatkan dari beberapa makanan fermentasi seperti yoghurt dan kombucha. Asupan lemak sehat bisa didapatkan dari makanan seperti kacang-kacangan dan selai kacang.

4. Posisi jongkok

Sebagian orang mungkin lebih terbiasa BAB dalam posisi duduk. Bila ingin memperlancar BAB. coba ubah posisi BAB menjadi jongkok atau squat. Posisi ini akan meningkatkan sudut saluran rektal, sehingga kotiran lebih mudah untuk keluar.

5. Minum kopi

Sebagai minuman yang kerap dinikmati pada pagi hari, kopi tak hanya bisa memberikan kesegaran dan tambahan energi. Kopi juga dikenal memiliki efek laksatif alami yang dapat memperlancar buang air besar. Stufi dalam jurnal Gut menunjukkan, sekitar 29 persen partisipan merasakan dorongan untuk BAB setelah meminum kopi.

6. Pijat perut

Studi mendapati bahwa pijat perut meringankan masalah sembelit. Selain itu, pijat perut juga dapat membuat BAB menjadi lebih sering. Pijat perut pun bermanfaat dalam membantu makanan di usus besar bergerak ke arah yang benar dengan lebih baik 

7. Suplemen malam hari

Menggunakan suplemen yang tepat pada malam hari dapat membantu memerlancar BAB. Salah satu manfaat dari penggunaan suplemen adalah melembutkan feses. Sedangkan suplemen magnesium bisa membantu menginisiasi kontraksi otot.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement