Rabu 19 Apr 2023 20:10 WIB

Minum Satu Galon Sehari, Ini yang akan Terjadi pada Tubuh

Begitu seseorang mulai minum setidaknya satu galon air, nafsu makan akan berkurang.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Minum air putih (ilustrasi). Minum terlalu banyak air akan memberikan dampak pada tubuh.
Foto: Sciencealert
Minum air putih (ilustrasi). Minum terlalu banyak air akan memberikan dampak pada tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai efek dari kurang minum sudah banyak diketahui. Namun, apa yang terjadi jika seseorang minum terlalu banyak air, misalnya satu galon air setiap hari?

Ada sejumlah dampak positif dan negatif dari pilihan itu, seperti dikutip dari laman Eat This Not That, Rabu (19/4/2023), sebagai berikut:

Baca Juga

1. Penurunan berat badan

Menurut laman Nutrition Twins, begitu seseorang mulai minum setidaknya satu galon air setiap hari, nafsu makan akan berkurang. Itu dapat membantu menekan keinginan untuk makan berlebihan dan pada akhirnya bisa menyebabkan penurunan berat badan.

2. Mengatasi kembung dan sembelit

Bagi yang mengalami masalah kembung dan sembelit, disarankan minum lebih banyak air. Minum satu galon air sehari akan membantu membuat feses menjadi lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan. Kembung dan sembelit pun bisa diredakan.

3. Terlihat lebih muda

Air membawa nutrisi ke kulit yang membantu melembapkan sekaligus mengisi ruang antarsel. Minum banyak air dalam sehari membantu mencegah kulit mengalami dehidrasi sehingga tidak cekung dan kusam. Perbaikan sel-sel kulit pun membuat seseorang terlihat lebih muda.

4. Lebih berenergi

Nutrition Twins mengeklaim bahwa minum satu galon air sehari dapat membuat seseorang lebih berenergi sepanjang hari. Pasalnya, air membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak dan otot. Seseorang tak lagi butuh kafein dari kopi atau minuman berenergi jika memiliki "keajaiban alami" dari air.

5. Mencegah batu ginjal

Endapan mineral keras yang dapat berkembang di ginjal alias batu ginjal dapat dicegah dengan minum banyak air dalam sehari. Penelitian telah menunjukkan bahwa untuk setiap peningkatan minum sebanyak setengah liter air, akan mengurangi pembentukan batu ginjal.

6. Mengurangi nyeri sendi

Rutin minum air putih dapat membantu persendian terasa lentur. Terhidrasi dengan baik akan memberikan dampak baik berupa pelumasan persendian, sehingga seseorang dapat bergerak lebih mudah dan bebas dari sensasi rasa nyeri dan kaku pada sendi.

7. Mencegah infeksi saluran kemih

Banyak minum air putih bisa mencegah infeksi saluran kemih. Air tidak hanya mengencerkan urine dan membuat seseorang buang air kecil lebih sering, tetapi juga membuang bakteri dari saluran kemih dan mencegah infeksi.

8. Mengaburnya siklus lapar dan kenyang

Di sisi lain, minum satu galon air sehari secara teratur juga berpotensi mengaburkan isyarat dan intuisi alami tubuh. Itu termasuk siklus lapar dan kenyang yang tak lagi jelas.

9. Sering ke kamar mandi

Efek samping lain dari minum segalon air setiap hari adalah frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering. Jika tidak siap bolak-balik ke kamar mandi, pertimbangkan lagi mengenai keputusan minum air dalam jumlah berlebihan setiap harinya.

10. Butuh lebih banyak elektrolit

Menurut Nutrition Twins, minum satu galon air setiap hari dapat memudahkan tubuh mengenali saat mengalami kekurangan elektrolit. Terus-menerus ke kamar mandi saat tidak banyak minum bisa berarti seseorang tidak memiliki cukup elektrolit untuk menyerap air.

11. Lebih sulit mencerna makanan

Orang yang memiliki masalah pencernaan disarankan berpikir dua kali sebelum minum air satu galon setiap hari. Minum air dalam jumlah besar berpotensi mengencerkan enzim pencernaan, dan memperparah kesulitan dalam mencerna makanan.

12. Mual, kelelahan, atau sakit kepala

Deretan gejala serupa saat dehidrasi ringan ini bisa dialami oleh orang yang terlalu banyak minum air putih. Terlalu banyak minum air dapat mengencerkan natrium dalam tubuh, yang dapat menyebabkan hiponatremia (kondisi ketika kadar natrium dalam darah terlalu rendah).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement