Selasa 31 Aug 2021 17:14 WIB

Haruskah Tetap Rutin Olahraga Setelah Serangan Jantung?

Aktif secara fisik setelah serangan jantung mengurangi risiko kematian.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Serangan jantung (ilustrasi).
Foto: Foto : MgRol_92
Serangan jantung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dapatkah orang dengan masalah jantung atau mereka yang menderita penyakit jantung menjalani kehidupan yang aktif? Ada banyak kebingungan, desas-desus, dan saran buruk yang belum diverifikasi yang mengatasi masalah ini. 

Untuk memperjelas, ahli jantung mengatakan olahraga dan aktivitas fisik adalah bagian penting dari rehabilitasi untuk semua korban serangan jantung dan mereka yang memulihkan diri dari masalah yang berhubungan dengan jantung. 

Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada kongres European Society of Cardiology pada 2018, berdasarkan bukti dari 22 ribu pasien, menemukan aktif secara fisik setelah serangan jantung mengurangi risiko kematian. Dimungkinkan juga untuk tampil di atletik dan olahraga tingkat atas bagi mereka yang selamat dari serangan jantung. 

Dr Vishal Rastogi, direktur tambahan ilmu jantung dan kardiologi intervensi di Fortis Escorts Heart Institute di New Delhi, mengatakan  sangat penting bahkan bagi orang biasa, yang menderita serangan jantung, untuk berolahraga dan menjadi aktif secara fisik. 

Jumlah dan cara mereka dapat (berolahraga) sepenuhnya bergantung pada kerusakan jantung. "Mereka harus mulai dengan latihan lambat yang sangat mendasar sepekan setelah serangan jantung, tetapi sebelum melakukannya mereka harus berkonsultasi dengan dokter yang merawat mereka,” saran Rastogi seperti dilansir laman LiveMint, Selasa (31/8).

Dr G Ramesh, konsultan ahli jantung intervensi di Yashoda Hospitals, Hyderabad, mengatakan ada kemungkinan untuk kembali ke gaya hidup aktif setelah serangan jantung jika fungsi ventrikel kiri pasien normal atau mendekati normal dan jika pasien tidak memiliki blok signifikan lebih lanjut dalam angiogram. "Pantau jantung Anda, konsultasikan dengan dokter Anda dan ambil langkah kecil untuk kembali ke kehidupan yang aktif," ujarnya.

Salah satu hal pertama yang harus dihadapi oleh para penyintas penyakit jantung adalah hilangnya kepercayaan diri. "Secara psikologis, seseorang mungkin merasa seolah-olah hidup mereka terhenti total dan mereka mungkin tidak dapat mencapai semua hal yang mereka rencanakan," kata dr Rastogi. 

Pendiri Delhi's Kosmic Fitness yang juga eplatih yang berbasis di Delhi, Gagan Arora mengatakan latihan dapat membantu orang mendapatkan kembali tidak hanya tingkat kebugaran mereka tapi juga kepercayaan diri mereka.

"Yang terbaik adalah memulai secara perlahan dan hanya setelah berkonsultasi dengan dokter," kata Rastogi dan Ramesh.

Jika Anda kembali berolahraga secara teratur, terus komunikasikan dengan dokter, minum obat secara teratur, dan tandai apa pun yang terasa salah. Semua rejimen latihan dan zona detak jantung olahraga harus dihitung dan diterapkan dengan persetujuan dokter mereka. 

Hindari aktivitas aerobik apa pun di mana membuat Anda sangat terengah-engah. Mulailah dengan perlahan dan jangan berlebihan. Ada kehidupan setelah serangan jantung yang bisa dijalani sepenuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement