Senin 30 Aug 2021 00:02 WIB

8 Rempah Ini Bisa Jadi Pengganti Garam

Makanan tetap bisa lezat meski tidak menggunakan banyak garam.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Makanan tetap bisa lezat meski tidak menggunakan banyak garam.
Foto: Pixabay
Makanan tetap bisa lezat meski tidak menggunakan banyak garam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Garam memang dapat membuat masakan terasa lebih sedap. Akan tetapi, terlalu banyak konsumsi garam dapat memunculkan masalah kesehatan, salah satunya adalah tekanan darah tinggi.

Kabar baiknya, masakan tetap bisa terasa lezat meski tak menggunakan banyak garam. Triknya adalah dengan menggunakan rempah-rempah yang tepat sebagai pengganti garam.

Baca Juga

Penggunaan rempah yang segar tak hanya dapat memperkaya rasa masakan. Rempah juga dapat memberikan manfaat nutrisi tambahan.

Sebagai contoh, rempah-rempah biasanya mengandung senyawa tumbuhan bernama polifenol. Polifenol memiliki kemampuan untuk membantu melawan proses penuaan, mencegah kanker dan penyakit lain, hingga meningkatkan imunitas.

Rempah yang segar bisa didapatkan dengan banyak cara. Salah satunya adalah membeli rempah dari pasar atau swalayan.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menanam rempah sendiri di area rumah. Kegiatan menanam rempah dan sayur di rumah juga telah menjadi hobi yang cukup populer saat ini.

Selain menyenangkan, menanam rempah sendiri memberikan beberapa keuntungan. Sebagian di antaranya adalah akses instan terhadap rempah yang dibutuhkan untuk memasak. Selain itu, rempah yang ditanam sendiri juga terjamin bebas dari produk pestisida.

Editor makanan Rise Gardens, Jamie Crain mengungkapkan setidaknya ada delapan rempah yang wajib dimiliki sebagai pengganti garam untuk menambah kelezatan makanan. Berikut ini adalah kedelapan rempah tersebut beserta cara penggunaannya, seperti dilansir FirstForWomen, Ahad (29/8).

Mint

Daun mint memiliki rasa yang cenderung manis sekaligus memberikan efek rasa dingin di lidah. Daun mint sangat cocok untuk dicampurkan pada sajian salad dan pasta karena bisa menambahkan kesegaran.

Daun Bawang

Daun bawang dapat memberikan aroma wangi dan rasa seperti bawang, namun lebih lebih ringan. Daun bawang sangat cocok dicampurkan ke dalam sajian telur, salad, sup, kentang, ikan, ayam, dan casserole.

Basil

Rempah yang masih satu keluarga dengan daun kemangi ini memiliki keseimbangan rasa asin dan manis. Basil juga memiliki rasa seperti perpaduan antara mint, merica, dan bunga lawang. Basil bisa dipadukan dalam sajian pesto, rendaman marinasi, saus salad, atau taburan pada salad dan sandwich.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement