Selasa 17 Aug 2021 03:54 WIB

Gaya Hidup Sehat juga Bisa Membuat Anda Kelelahan, Kenapa?

Banyak orang mengurangi kalori terlalu dramatis sehingga membuat lesu dan lelah.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Makanan sehat (ilustrasi)
Foto:

 

Makan terlalu banyak karbohidrat

Terlalu banyak karbohidrat dalam sekali makan juga dapat menyebabkan kelesuan. Bahkan karbohidrat sehat berubah menjadi gula dalam tubuh. Pankreas memproduksi insulin, untuk menjaga gula darah kita tetap stabil.

Jika seseorang memiliki terlalu banyak karbohidrat dalam sekali makan, bahkan jika itu karbohidrat sehat, seperti beras merah, kacang-kacangan, ubi jalar, pasta atau gandum, bagi sebagian orang, terlalu banyak dapat meningkatkan gula darah, dan gula darah tinggi membuat kita merasa lelah dan lesu.

"Meskipun ini sering terjadi di antara individu dengan diabetes, itu bisa terjadi pada siapa saja yang makan terlalu banyak karbohidrat dalam sekali makan," kata Ansari.

Perhatikan bagaimana perasaan Anda setelah kombinasi makanan yang berbeda, dan jika Anda merasa lelah setelah makan tinggi karbohidrat, pertimbangkan untuk mengurangi karbohidrat Anda di siang hari.

Terlalu banyak berolahraga 

Berolahraga berlebihan juga bisa membuat Anda merasa lelah. Berapa banyak porsi olahraga tergantung pada orangnya, tuntutan lain dalam hidup mereka, tingkat stres, tingkat kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan, dan jenis olahraga.

Kekurangan bahan bakar untuk berolahraga juga bisa menjadi penyebab kelelahan. Selama berolahraga, tubuh biasanya membakar kombinasi lemak dan karbohidrat.

Jika Anda tidak makan cukup karbohidrat, lebih sulit untuk mengisi bahan bakar latihan. Jika pola ini berlanjut, karbohidrat yang disimpan tubuh, yang disebut glikogen, tidak diisi ulang. Ini dapat membuat Anda merasa lelah, frustrasi, dan kehilangan semangat dengan latihan Anda.

Jika olahraga memakan waktu tidur, ini juga dapat memengaruhi tingkat energi. Tidur yang cukup tidak hanya memberi Anda energi, tetapi juga membantu tubuh untuk secara aktif memperbaiki otot dan jaringan yang digunakan selama berolahraga.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement