Selasa 17 Aug 2021 03:54 WIB

Gaya Hidup Sehat juga Bisa Membuat Anda Kelelahan, Kenapa?

Banyak orang mengurangi kalori terlalu dramatis sehingga membuat lesu dan lelah.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Makanan sehat (ilustrasi)
Foto:

Mengurangi terlalu banyak karbohidrat

Rendah karbohidrat juga bisa membuat Anda merasa buruk. Mmakan terlalu sedikit karbohidrat dapat membuat Anda merasa lelah dan mudah tersinggung karena gula darah rendah, itu juga dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat menyebabkan kelelahan. 

Untuk setiap gram karbohidrat yang disimpan dalam tubuh, ada sekitar 2 hingga 3 gram air yang tertahan. Tetapi ketika seseorang mengurangi asupan karbohidratnya terlalu dramatis, air akan dilepaskan, dan memungkinkan untuk mengalami dehidrasi.

Mengurangi karbohidrat, terutama kue kering dan makanan manis, tidak masalah, tetapi pastikan Anda tidak berhemat pada karbohidrat kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Tidak makan makanan vegetarian yang seimbang

Melarang protein hewani sebagai bagian dari diet vegetarian tidak selalu tidak sehat. Penting untuk sadar tentang mengonsumsi asupan yang seimbang dari semua nutrisi.

Jika seseorang memilih untuk makan dalam gaya vegetarian atau vegan, tetapi mereka tidak berhati-hati dalam mendapatkan cukup vitamin B12 dan zat besi (dari suplemen dan sumber tanaman), mereka mungkin berakhir dengan anemia dan rasa lelah yang diakibatkannya.

Makanan tinggi zat besi termasuk daging sapi, sereal yang diperkaya zat besi, bayam dan kacang-kacangan. Jika Anda mengonsumsi sumber zat besi nabati, sebaiknya tambahkan beberapa vitamin C untuk meningkatkan penyerapan. 

Vegan juga harus mewaspadai kemungkinan kekurangan vitamin B12. Kekurangan B12 mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi suplemen  jika Anda tidak makan makanan hewani seperti daging, ikan, telur, dan susu. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement