Kamis 15 Jul 2021 06:05 WIB

Ketika Anak Idap Long Covid

Anak-anak pengidap long Covid membutuhkan bantuan multidisiplin.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Reiny Dwinanda
Pelajar International American School di Barcelona, Spanyol tampak mengenakan masker saat ke sekolah, September 2020. Anak-anak juga dapat mengidap long Covid.
Foto:

Kasus long Covid pada anak memang jumlahnya tak sebanyak dewasa. Namun, pendekatan multidisiplin tetap diperlukan untuk membantu anak dengan long Covid.

Layanan perawatan tersebut hingga kini memang belum banyak ditemui. Salah satu klinik yang menyediakan layanan bagi pasien anak pengidap long Covid berada di Institut Kennedy Krieger di Baltimore, Amerika Serikat.

Klinik ini menjadi percontohan dengan penerapan pendekatan multidisiplin bagi anak pengidap long Covid. Klinik tersebut memiliki tim yang mencakup spesialis dalam terapi fisik hingga kesehatan perilaku.

"Saya pikir satu hal yang kami temukan dari pengalaman kami yang menurut pasien dan keluarga sangat membantu adalah agar benar-benar memiliki tim interdisipliner yang bekerja dengan pasien, semuanya bersama-sama," kata Dr. Laura Malone, ahli saraf dari klinik pediatrik dan juga direktur di klinik tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement