Selasa 01 Jun 2021 17:23 WIB

Waspada, 5 Hal Ini Jadi Sebab Melemahnya Fungsi Otak

Ahli ingatkan agar orang-orang lebih proaktif tentang kesehatan otaknya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Ahli ingatkan agar orang-orang lebih proaktif tentang kesehatan otaknya.
Foto:

3. Anda tidak berolahraga

Tidak berolahraga secara teratur bukan hanya membahayakan jantung. Gaya hidup yang tidak banyak bergerak dikaitkan dengan peningkatan risiko demensia dan penyakit kardiovaskular, seperti stroke.

"Manfaat dari aktivitas fisik secara teratur sangat banyak, terutama untuk kesehatan otak, sehingga dalam arti tertentu olahraga adalah hal paling mendekati obat ajaib," kata Kaiser. Menurut Mayo Clinic, kegiatan berjalan cepat selama 30 sampai 60 menit, dalam tiga sampai lima kali seminggu itu dapat menyebabkan perbaikan otak.

 

4. Tidak cukup makan makanan tertentu

Studi terbaru menunjukkan konsep "makanan otak" bukanlah mitos. "Sebuah badan penelitian yang ekstensif dan terus berkembang menunjukkan manfaat kesehatan otak dari makanan tertentu, terutama kaya akan antioksidan tertentu dan senyawa pelindung saraf lainnya," ujar Kaiser.

Beberapa penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi lebih banyak fitonutrien yang disebut asupan flavonoid memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer. Bahan kimia alami itu tampaknya melindungi otak dari cedera. Makanan kaya flavonoid termasuk beri, sayuran berdaun hijau, buah jeruk, teh, dan cokelat hitam.

 

5. Tidak memiliki rasa tujuan

 

Satu studi jangka panjang menemukan bahwa orang yang memiliki tujuan atau makna hidup yang tinggi itu 2,4 kali lebih kecil kemungkinannya mengembangkan penyakit Alzheimer, dibandingkan orang dengan ambisi yang rendah. Mempertahankan tujuan hidup tampaknya menjaga otak tetap sehat, meskipun secara fisik telah lemah akibat cedera atau stroke. Penelitian  menemukan bahwa menjadi sukarelawan, membimbing, dan mengikuti kelas adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kesehatan otak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement