Ahad 23 May 2021 07:04 WIB

Mengalami 9 Hal Ini di Pagi Hari? Awas Stres

Kebiasaan-kebiasaan ini mungkin terlihat tidak seperti masalah besar.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Kebiasaan-kebiasaan ini mungkin terlihat tidak seperti masalah besar.
Foto:

5. Tidak mempersiapkan malam sebelumnya

Jenis perencanaan awal sebenarnya membantu Anda memulai keesokan pagi, dengan kemungkinan kecil merasa stres. Persiapan malam sebelumnya akan membantu Anda mengurangi kesibukan pada pagi hari. 

Tidak mempersiapkan malam sebelumnya dapat menyebabkan stres berlebihan keesokan harinya. Lepa merencanankan malam sebelumnya membuat Anda memulai hari dengan pola pikir gelisah.

 

6. Kurang tidur

Banyak dokter dan ahli saraf yang merekomendasikan tidur selama tujuh hingga sembilan jam. Kurang tidur dapat menyebabkan sistem saraf bekerja terlalu keras. Setiap orang membutuhkan waktu tidur tertentu untuk berfungsi sepenuhnya.

 

7. Kopi

Apakah Anda seseorang yang langsung minum kopi? Kebiasaan ini mungkin menyebabkan stres. Kortisol, hormon penyebab stres utama tubuh, mencapai puncaknya 30 menit setelah bangun. Meskipun terjadi secara alami di tubuh, kondisi itu bukanlah sesuatu yang kita inginkan lebih meningkat. 

Kebiasaan dan hal yang kita lakukan bisa meningkatkannya, salah satunya kopi. Kopi dan kafein yang menyertainya dapat meningkatkan produksi kortisol, sehingga membuat Anda merasa lebih stres. Tunggu beberapa jam sebelum Anda menikmati secangkir kopi.

 

8. Anak-anak dan orang lain

Meskipun lebih sulit untuk merencanakan pagi ketika orang lain ada disekitar Anda, tetapi Anda perlu mencari cara untuk melakukannya. Pastikan untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang tinggal bersama Anda ketika ada masalah. Terkadang, kurangnya komunikasi yang sebenarnya menyebabkan stres, karena Anda mengira mereka tahu perasaan, padahal tidak demikian.

 

9. Tidak ada momen kegembiraan

Tambahkan kegembiraan sebanyak mungkin ke pagi Anda. Apa yang kita katakan pada diri sendiri akan sering terwujud sepanjang hari, jadi memulai hari dengan pola pikir yang gembira adalah kunci untuk merasa hebat.

Namun, menganggap pagi hari sebagai penderitaan dan tidak mengalami kegembiraan bisa memiliki efek sebaliknya. Sesuatu yang sederhana seperti menonton video motivasi, mengajak anjing jalan-jalan, dan melihat tanaman, atau sekadar bermain dengan anak-anak.

Pertimbangkan untuk merenungkan hanya satu hal yang Anda syukuri dalam hidup, dan menuliskannya setiap pagi. Kebiasaan kecil satu ini memakan waktu paling lama 20 detik, tetapi ini sangat efektif. Memulai pagi dengan rasa syukur melatih otak untuk menonjolkan hal-hal positif setiap pagi, alih-alih berfokus pada apa yang salah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement