Jumat 12 Apr 2019 06:32 WIB

Tubuh Simpan Stres di Lima Area Ini

Stres bisa bermanifestasi di tubuh dalam berbagai gejala.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Hindari stres dengan berbagai cara positif.
Foto: Republika/Prayogi
Hindari stres dengan berbagai cara positif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda menyimpan stres? Manusia memiliki kecenderungan untuk menjauh atau mengelak dari perasaan atau emosi negatif. Baik itu pertarungan yang melelahkan dengan pasangan Anda atau hubungan cinta-benci dengan rekan kerja Anda.

Namun, semakin kita hidup dalam penyangkalan daripada mengakui dan memproses apa yang kita rasakan, semakin kita merasa bertentangan. Di dunia yang menganjurkan untuk 'terus bergerak' sebagai mantra kehidupan, penting untuk beristirahat, bersantai, dan berhubungan dengan diri atau batin Anda.

Baca Juga

Ketika Anda menyingkirkan perasaan tanpa mengatasinya, perasaan itu mungkin mulai bermanifestasi dalam tubuh Anda dengan berbagai cara.

Berikut adalah daftar pola. Periksa untuk melihat apakah Anda mengenali salah satu dari yang berikut.

Nyeri di daerah dada: Terluka

Seperti dilansir dari laman Times of India, Jumat (12/4), jika Anda mengeluh sakit di dada, terutama di dekat jantung, Anda mungkin benar-benar terluka. Perhatikan jika akhir-akhir ini Anda merasa lemas dan keluar dan menahan keinginan untuk menyerah, Anda mungkin merasa sangat tidak nyaman di sekitar area dada.

Jadi, jika Anda merasakan ketegangan yang mengganggu di dada, periksa apakah Anda merasa sakit hati.

Sakit kepala mengerikan

Jika Anda sering mengeluh sakit kepala yang berdenyut-denyut dan menolak untuk pergi, Anda mungkin merasa bahwa semuanya berjalan di luar kendali Anda. Jika Anda adalah seseorang yang suka memiliki segalanya, bahkan sedikit perubahan rencana dapat membuat Anda jengkel. Cob melepaskan apa yang tidak bisa Anda kendalikan, itu pada akhirnya akan membawa Anda ketenangan pikiran yang sangat dibutuhkan.

Bahu dan leher sakit

Apakah Anda sering merasakan ketegangan di leher dan bahu Anda? Mungkin karena Anda memikul terlalu banyak tanggung jawab sendirian dan sangat terbebani. Coba mencari bantuan dan dukungan setiap kali itu terlalu banyak. Percayalah tubuh Anda akan berterima kasih untuk itu.

Tidak mampu bernapas dengan benar

Pernahkah Anda merasa lemas dan sulit bernapas? Anda mungkin terlalu stres. Menghadapi kegelisahan bisa mengakibatkan kesulitan bernapas, jadi Anda harus berhenti membungkam emosi Anda.

Tidak bisa tidur: Khawatir perubahan

Apakah Anda bolak-balik di tempat tidur sepanjang malam tetapi tidak bisa tidur? Apakah ada perubahan besar dalam hidup Anda seperti berganti pekerjaan, pindah rumah atau pergi ke luar negeri untuk belajar? Ketika Anda tidak tahu apakah perubahan itu baik atau buruk, itu mungkin sering mengakibatkan sulit tidur.

Jadi pada saat Anda berdebat dengan seseorang atau merasa kecewa atau kecewa, lebih baik berkomunikasi dengan jelas tentang hal yang sama, alih-alih membungkam semuanya.

Jangan biarkan tubuh Anda menanggung beban emosi dan perasaan negatif ini. Perlu diingat bahwa tidak ada penelitian ilmiah yang cukup untuk mendukung klaim ini. Masih disarankan untuk sampai ke akar konflik apa pun untuk ketenangan pikiran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement