Senin 22 Mar 2021 13:22 WIB

Sudah Benarkah Cara Kita Berjalan Kaki?

Melakukan cara jalan yang tepat dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Melakukan cara jalan yang tepat dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.
Foto:

2. Lebarkan Kaki Selebar Pinggul

Membuka kaki selebar pinggul adalah dasar untuk posisi yang nyaman dalam barre, yoga, dan kehidupan sehari-hari (termasuk berjalan kaki). Posisi ini membantu persendian, otot, dan organ tubuh kita duduk dengan nyaman. Ketika mendengar ‘selebar pinggul’, pikirkan tulang, bukan daging.

Banyak dari kita memiliki pinggul yang lebih melengkung dan lebar karena otot dan lemak. Namun, posisi sebenarnya selebar pinggul kita jauh lebih sempit dari itu. Pikirkan untuk menyejajarkan jari kaki kedua dengan pergelangan kaki, hingga ke lutut, dan kemudian tulang bagian depan pinggul. Itu adalah berdiri yang benar.

3. Libatkan Bagian Inti

Kencangkan otot perut dengan lembut saat kita berjalan. Jika tidak yakin seperti apa rasanya, bayangkan perasaan yang kita rasakan di perut saat batuk atau tertawa. Cengkeraman dan kekencangan yang halus, namun terlihat nyata di dalam bagian intinya. Ini akan membantu menstabilkan tubuh sekaligus mengurangi tekanan pada punggung bawah.

4. Tekan Bahu ke Belakang dan ke Bawah

Pernahkah kita memperhatikan bagaimana penari memiliki postur tubuh yang lebih tinggi? Itu datang dari terus menerus diingatkan untuk menekan bahu mereka ke bawah dan ke belakang.

Jika bahu bungkuk, hal itu dapat membebani otot dan sendi di leher dan punggung atas. Hal ini tidak hanya akan memperbaiki postur tubuh dari waktu ke waktu, penelitian menunjukkan hal ini benar-benar dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru.

5. Melihat ke Depan

Saat kita berjalan, lihat ke depan. Itu berarti mengangkat dagu dan memfokuskan perhatian sekitar 10 kaki di depan kita. Dengan cara ini tubuh kita jadi tegak dan tidak condong ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement