Kamis 25 May 2023 05:56 WIB

Jalan Kaki 100 Langkah Setelah Makan Punya Banyak Manfaat, tak Hanya Bakar Lemak

Para peneliti percaya seseorang mungkin merasa lelah setelah makan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Berjalan kaki (ilustrasi). Jalan 100 langkah setelah makan memiliki banyak manfaat.
Foto: www.freepik.com
Berjalan kaki (ilustrasi). Jalan 100 langkah setelah makan memiliki banyak manfaat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berjalan selama 15 menit atau 100 langkah setelah makan ternyata dapat membantu menghindari dari beberapa penyakit dan meningkatkan kesehatan. Menurut pengobatan Ayurveda, berjalan 100 langkah merupakan cara ideal untuk membantu pencernaan, meningkatkan metabolisme, dan menghilangkan rasa kantuk setelah makan siang.

Pakar Ayurveda dr Nitika Kohli mengatakan, pengobatan Ayurveda percaya berjalan 100 langkah memberikan banyak manfaat tidak hanya membakar lemak. “Berjalan setidaknya 100 langkah setelah makan malam atau makan siang dapat meningkatkan kesejahteraan Anda," kata dia.

Baca Juga

Ayurveda telah lama menggunakan pola makan sebagai sarana utama untuk menciptakan kesehatan dalam tubuh dan pikiran. Pemilihan makanan, pengaturan waktu, dan keadaan kesadaran selama makan meningkatkan ojas (vitalitas) atau ama (toksisitas).

Berikut manfaat berjalan kaki 15 menit, seperti dikutip dari laman Hindustan Times, Rabu (24/5/2023):

1. Membantu pencernaan

Berbagai cairan lambung dan enzim terlibat dalam pencernaan. Berjalan tepat setelah makan dapat mempercepat proses pengosongan lambung dari makanan, sehingga membantu memperbaiki satu masalah seperti keasaman atau gangguan pencernaan.

2. Membantu metabolisme makanan

Berjalan juga dapat membantu meningkatkan proses metabolisme dan secara positif memengaruhi fungsi organ lain di dalam tubuh.

3. Menghilangkan rasa malas setelah makan

Tidur setelah makan siang itu nyata. Para peneliti percaya seseorang mungkin merasa lelah setelah makan karena tubuh mereka memproduksi lebih banyak serotonin akibat mengonsumsi karbohidrat dan protein. Mengambil beberapa langkah setelah makan dapat memperbaiki masalah ini.

4. Mengurangi berat badan

Berjalan 100 langkah setelah makan malam dapat membantu menurunkan berat badan karena berjalan membakar kalori dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement