Kamis 09 Mar 2023 00:33 WIB

Mimpi Hamil Ternyata Punya Arti 'Spesial' Menurut Psikolog

Ada sederet alasan mengapa seseorang bisa mengalami mimpi kehamilan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Tidur (Ilustrasi). Mimpi hamil ternyata memiliki arti tertentu menurut psikolog.
Foto: Needpix
Tidur (Ilustrasi). Mimpi hamil ternyata memiliki arti tertentu menurut psikolog.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mimpi kerap dianggap sebagai bunga tidur. Namun rupanya, ada berbagai pendekatan untuk menganalisis mimpi yang dapat membantu seseorang mendapatkan makna yang sebenarnya.

Psikoterapis Alred Adler, Carl Jung, dan Sigmund Freud, semuanya memiliki teori berbeda seputar analisis mimpi. “Itu terkait dengan motivasi tak sadar, makna simbolis, atau emosi yang tidak diproses," kata Michele Goldman, seorang psikolog di Columbia Health dan penasihat media untuk Hope, Yayasan Penelitian Depresi, dikutip dari womenshealthmag, Rabu (8/3/2023).

Baca Juga

Inilah sederet alasan mengapa seseorang bisa mengalami mimpi kehamilan, menurut sejumlah ahli kesehatan:

1. Sangat berharap untuk segera hamil

 

Bagi sebagian orang, mimpi kehamilan terkait dengan fakta bahwa orang tersebut banyak berpikir tentang memiliki bayi dalam waktu dekat. Menurut Rafael Pelayo, profesor klinis psikiatri dan ilmu perilaku di Stanford Center for Sleep Sciences and Medicine, itu mungkin tidak mengherankan. Karena jika seseorang sangat ingin hamil, kehamilan menjadi keinginan yang muncul di mimpi mereka.

2. Takut hamil

Mimpi hamil juga bisa berarti seseorang sangat tidak siap untuk hamil. Atau, mungkin tidak ingin menambah anak. Dalam kasus ini, takut akan kehamilan atau memiliki kecemasan tentang hal itu berarti masih menjadi sesuatu yang membebani pikiran seseorang dalam kapasitas tertentu.

3. Ingatan kehamilan masa lalu

“Mimpi-mimpi ini mungkin juga terkait dengan ingatan acak tentang kehamilan Anda sendiri atau orang lain di masa lalu,” kata dr Pelayo.

Mimpi hamil bisa berkaitan dengan pengalaman masa lalu. Misalnya tentang mengalami morning sickness yang buruk selama kehamilan sehingga terbawa dalam mimpi.

4. Sedang mengerjakan proyek penting

Mimpi tentang hamil bisa berarti tentang sebuah proyek penting yang sedang dialami seseorang di dunia nyata. “Kehamilan bisa menjadi metafora untuk jenis kreativitas lainnya,” kata Deirdre Barrett, seorang psikolog dan penulis The Committee of Sleep.

Mimpi kehamilan mungkin mewakili kegembiraan seputar proyek penting yang sedang dikerjakan. Artinya, orang tersebut sedang dalam proses "melahirkan" suatu proyek, sehingga muncul dalam mimpi sebagai kehamilan.

5. Menghadapi situasi yang menguras tenaga

Di dalam mimpi, seseorang mungkin bermimpi tentang lelahnya merawat bayi baru lahir atau menyusui. Bisa jadi di dunia nyata, seseorang tersebut sedang menghadapi situasi yang menguras tenaga, baik dari teman atau siapa pun dalam kehidupannya.

6. Perubahan identitas

Mimpi kehamilan juga bisa dikaitkan dengan perubahan identitas, menurut Goldman. Ini mungkin tentang menginginkan perubahan, menjelajahi identitas baru, merasa terjebak dalam identitas saat ini, atau mengambil peran baru.

7. Perlu ke toilet

Alasan ini mungkin tampak agak aneh, tetapi mimpi hamil juga bisa menandakan kebutuhan untuk buang air kecil. “Ini adalah cara yang umum bagi tubuh selama tahap tidurnya untuk mengingatkan si pemimpi bahwa kandung kemihnya sudah penuh," kata Goldman.

8. Siap menjadi sesuatu yang lebih besar

Beberapa orang percaya bahwa bermimpi hamil memiliki makna spiritual yang signifikan, seperti kesiapan untuk terhubung dengan sesuatu yang lebih besar. Ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh dan pikiran Anda siap menerima perubahan spiritual.

“Salah satu hal tentang mimpi adalah bahwa mimpi sarat dengan emosi,” kata dr Pelayo.

Beberapa spesialis tidur menduga bahwa mimpi adalah cara otak mengatur ulang ingatan dan emosi. Hal-hal yang membuat orang tertawa, terutama takut, maka otak harus mengambil informasi baru ini dan menghubungkannya dengan ingatan sebelumnya.

“Menghubungkan kenangan lama dengan kenangan baru ini dilakukan di dunia mimpi,” kata dr Pelayo.

Apa pun yang diimpikan, pada akhirnya bergantung si pemimpi untuk menafsirkannya. Namun yang jelas, kehamilan atau tentang bayi, melambangkan sesuatu yang baru, upaya baru, hubungan baru, menurut Barrett. Atau, itu dapat mewakili tentang si pemimpi yang rentan atau tidak dewasa. Jika seseorang rajin mencatat mimpi yang dialami, boleh jadi mereka juga dapat lebih signifikan dalam menafsirkan mimpi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement