Selasa 26 Sep 2023 14:56 WIB

Olahraga Jalan Kaki, Hindari Pakaian Jenis Ini karena Ganggu Kenyamanan

Ada 5 item pakaian yang sebaiknya tidak Anda kenakan saat olahraga jalan kaki.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Berjalan kaki (ilustrasi). Ada beberapa jenis pakaian yang sebaiknya dihindari saat olahraga jalan kaki.
Foto: www.freepik.com
Berjalan kaki (ilustrasi). Ada beberapa jenis pakaian yang sebaiknya dihindari saat olahraga jalan kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jalan kaki merupakan cara bagus untuk tetap bugar dan segar tanpa effort yang terlalu berat. Faktanya, menurut Harvard Health Publishing, berjalan kaki memberikan serangkaian manfaat utama termasuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, mengurangi risiko jenis kanker tertentu, mengatur berat badan, meningkatkan kesehatan sendi, dan banyak lagi. 

Meskipun jalan kaki adalah salah satu olahraga paling sederhana yang dapat Anda lakukan, pakar kebugaran mengatakan bahwa jalan kaki masih memerlukan sedikit persiapan. Secara khusus, memilih pakaian yang tepat untuk dikenakan saat berjalan dapat membantu menghindari ketegangan, cedera, dan ketidaknyamanan. Yang sama pentingnya adalah mengetahui item pakaian mana yang tidak boleh dipakai, sehingga Anda dapat mulai berjalan-jalan dengan nyaman dan aman. 

Baca Juga

Berikut ini ada lima item pakaian yang sebaiknya tidak Anda kenakan saat berjalan kaki, dilansir laman Best Life, Selasa (29/8/2023): 

1. Rok atau gaun tanpa celana di bagian dalam

Berjalan lebih lama, terutama saat cuaca panas, dapat menyebabkan keringat dan lecet. Kevin Le Gall, pakar kebugaran sekaligus pemilik dan editor utama Climbing House, mengatakan bahwa mengenakan rok atau gaun tanpa celana pendek di bagian dalam dapat memperburuk masalah. 

Menurut Le Gall, meskipun rok dan gaun dapat membuat Anda tetap sejuk, namun hal tersebut tidak akan mencegah lecet pada suhu panas. “Saat Anda akan berjalan lebih jauh, pastikan paha bagian dalam Anda terlindungi dari gesekan satu sama lain,” kata Le Gall.

2. Alas kaki yang tidak mendukung

Pelatih pribadi dan pendiri aplikasi kebugaran Cloud Nine Collective, Juju Sheikh, mengatakan Anda tidak boleh berjalan kaki dengan alas kaki yang tidak mendukung termasuk sandal jepit, sandal, sepatu hak tinggi, dan sepatu kets tanpa penyangga lengkungan yang memadai. 

“Sepatu untuk jalan kaki harus memberikan dukungan yang sesuai di sekitar bagian depan kaki dan pergelangan kaki Anda, sekaligus cukup tangguh untuk menopang berbagai jenis medan,” kata Sheikh.

Caroline Grainger, pelatih pribadi bersertifikat ISSA di Fitness Trainer, setuju bahwa alas kaki yang tepat tidak bisa dinegosiasikan. Dia memperingatkan meskipun kebanyakan orang akan baik-baik saja memakai sandal atau sepatu kets yang tidak mendukung saat berjalan kaki di sekitar blok, jika Anda akan berjalan lebih jauh, Anda perlu memastikan untuk mengenakan sepatu yang tepat.

“Mengenakan sepatu yang salah saat berjalan kaki dapat menyebabkan hingga lecet, kram, dan bahkan patah tulang karena stres,” ujar Grainger. 

3. Kain yang berat dan tidak dapat bernapas

Jika Anda akan berjalan kaki atau mendaki lebih jauh, para ahli menyarankan untuk memiliki kain yang menyerap keringat dan menyerap kelembaban. Sheikh menjelaskan kain yang tidak dapat menyerap keringat merupakan kutukan bagi banyak pejalan kaki; kain tersebut berukuran besar, berat, dan dapat menyebabkan keringat serta rasa tidak nyaman. 

“Mereka sangat buruk untuk berjalan jauh karena tidak mudah membiarkan udara atau kelembaban masuk, sehingga mengakibatkan banyak retensi panas dan ventilasi yang buruk,” ujar Sheikh. 

Pelatih pribadi merekomendasikan untuk menghindari campuran kain sintetis, vinil, PVC, kain karet, dan pakaian denim tebal saat berjalan-jalan. Bankan pakaian sehari-hari seperti jeans dan kaos katun terbukti berat dan tidak menyerap keringat saat berjalan, kata Adrian Todd, terapis okupasi, pelatih hiking, dan pendiri Great Minds Think Hike. 

4. Bra yang tidak mendukung

Sheikh mengatakan mengenakan bra yang tidak mendukung atau tidak nyaman juga dapat merusak pengalaman berjalan Anda. Kawat bagian bawah, tali pengikat terlalu ketat, dan bahan yang keras adalah penyebab umum. 

Menurutnya, memiliki bra yang tidak mendukung menyebabkan ketidaknyamanan dan ketegangan pada punggung dan bahu Anda, serta membatasi pergerakan alami. “Secara kolektif, hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh Anda, yang berpotensi mengakibatkan cedera jika dipertahankan dalam jangka waktu yang lama,” kata Sheikh. 

5. Headphone

Headphone bukan item pakaian, tetapi beberapa ahli menyebut aksesori tersebut memiliki risiko keselamatan, terutama saat Anda berjalan di area asing. “Jika Anda berjalan kaki pada sore atau pagi hari, untuk menghindari panas, sebaiknya berhati-hati dalam memakai headphone. Pastikan untuk tetap waspada terhadap lingkungan sekitar Anda setiap saat berjalan kaki, sehingga Anda tetap aman,” kata Le Gall. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement