Rabu 10 Mar 2021 09:28 WIB

4 Alternatif Gula Alami, Benarkah Lebih Sehat?

Sebagian orang memilih untuk membatasi konsumsi gula tambahan seperti gula pasir.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Sirup Maple (ilustrasi)
Foto:

Gula Kelapa

Alternatif gula alami ini juga terkesan lebih sehat dibandingkan gula biasa. Namun, gula kelapa ternyata tidak lebih baik dari gula biasa.

Di satu sisi, gula kelapa terkadang memang mengandung serat prebiotik yang dapat menjadi sumber makanan bagi bakteri baik di usus. Selain itu, gula kelapa juga berkaitan dengan pelepasan karbohidrat yang lebih rendah.

Akan tetapi, gula kelapa juga dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah sama seperti gula biasa. Dampaknya terhadap kesehatan gigi juga tak berbeda.

 

Madu

Di satu sisi, madu mengandung banyak nutrisi bermanfaat seperti antioksidan dan vitamin B. Namun sebagai pengganti gula, madu memiliki efek yang sama seperti gula biasa terhadap kadar gula darah dan juga kesehatan gigi.

Akan tetapi, orang-orang yang menggunakan madu sebagai pengganti gula memiliki kecenderungan untuk menggunakan madu lebih banyak. Hal ini justru akan mendorong terjadinya peningkatan asupan kalori yang dapat memicu kenaikan berat badan.

 

Stevia

Banyak ahli gizi yang merekomendasikan stevia kepada orang-orang yang ingin membatasi asupan gula. Medlin mengatakan stevia terbuat dari tanaman dan memiliki rasa 200-300 kali lebih manis dibandingkan gula biasa.

"Dengan kalori yang sangat rendah," papar Medlin.

Dengan kata lain, stevia dapat memberikan rasa manis tanpa adanya kekhawatiran penambahan berat badan atau lonjakan kadar gula darah. Stevia dalam bentuk cair bisa digunakan dalam minuman, sedangkan dalam bentuk bubuk bisa dimanfaatkan dalam resep memasak.

Akan tetapi, ada satu masalah dari penggunaan stevia. Stevia juga meninggalkan rasa pahit atau aftertaste yang bertahan lama. Oleh karena itu, dari segi rasa, stevia mungkin tidak selezat gula atau beragam alternatif alami gula lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement