Rabu 10 Mar 2021 09:28 WIB

4 Alternatif Gula Alami, Benarkah Lebih Sehat?

Sebagian orang memilih untuk membatasi konsumsi gula tambahan seperti gula pasir.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Sirup Maple (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Sirup Maple (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsumsi gula sebenarnya tak masalah selama tidak dilakukan secara berlebih. Yang menjadi masalah, gula kerap bersembunyi di berbagai jenis makanan sehari-hari, mulai dari sereal hingga saus.

Oleh karena itu, sebagian orang memilih untuk membatasi konsumsi gula tambahan seperti gula pasir. Mereka lalu beralih ke alternatif-alternatif gula alami yang dianggap lebih sehat.

Baca Juga

"Penting untuk diingat bahwa sebagian besar (alternatif gula alami) juga memberikan efek yang sama terhadap kesehatan gigi, produksi insulin, dan kadar gula darah kita," timpal ahli gizi Sophie Medlin, seperti dilansir Independent, Rabu (10/3).

Ada empat alternatif gula alami yang saat ini cukup populer digunakan. Berikut ini adalah perbandingan dari keempat alternatif gula alami tersebut terhadap gula biasa.

Baca juga : Komisi X Sambut Baik Jika Kapolri Izinkan Kegiatan Musik

Sirup Maple

Banyak influencer media sosial yang mempromosikan sirup maple sebagai pengganti gula yang lebih sehat dalam membuat kue. Dari segi kalori, sirup maple sebenarnya tak berbeda jauh dengan gula pasir.

"Sirup maple mengandung sekitar tiga kalori per gram, hanya satu kalori lebih rendah dibandingkan gula biasa," tukas Medlin.

Karena dicap lebih sehat, sirup maple kerap digunakan dalam jumlah yang lebih besar. Hal ini dapat mendorong terjadinya peningkatan asupan kalori tanpa disadari.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement