Rabu 27 Jan 2021 01:10 WIB

Ahli: Kucing dan Anjing Perlu Vaksinasi Covid-19

Sebagai tindakan pencegahan kucing dan anjing juga perlu divaksin Covid-19.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Kucing peliharaan. Berdasarkan studi dalam jurnal PLOS Computational Biology, hewan yang lebih rentan terhadap infeksi SARS-CoV-2 adalah kucing, anjing, musang, dan musang luwak (civet).
Foto:

"SARS-CoV-2 dapat menginfeksi berbagai spesies inang, termasuk kucing, anjing, cerpelai, dan spesies liar, serta peliharaan lainnya. Oleh karena itu, vaksinasi hewan peliharaan mungkin diperlukan untuk menghentikan evolusi virus lebih lanjut dan peristiwa spillback,”

“Sementara kampanye vaksinasi melawan SARS-CoV-2 atau Covid-19 sedang digulirkan di seluruh dunia, varian virus baru kemungkinan akan terus berkembang yang berpotensi menyapu populasi manusia,”

Mereka mengatakan bahwa lebih banyak jenis virus yang dapat menular, seperti varian Inggris, maka harus lebih banyak orang divaksinasi untuk mengendalikan virus corona.

"Vaksinasi terhadap patogen virus dengan prevalensi tinggi secara global adalah tanpa preseden. Oleh karena itu, kami menemukan diri kami di perairan yang belum dipetakan," tulis mereka.

Sementara itu, Inggris hampir mencapai target pemberian 500 ribu vaksinasi Covid dalam sehari. Tiga perempatnya adalah dari seluruh warga negara berusia 80 tahun telah divaksin.

Pada Sabtu, 491.970 orang Inggris diberi dosis pertama vaksin Covid-19 sebagai dorongan besar terhadap target Pemerintah memvaksinasi 13,5 juta orang yang rentan hingga pertengahan Februari 2021. Angka tersebut menandai peningkatan 13.722 dosis dibandingkan dengan 22 Januari, ketika 478.248 suntikan telah diberikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement