Senin 16 Mar 2020 20:40 WIB

5 Hal yang Mengundang Rindu di Bangkok

Ibu kota Thailand mengundang rindu mulai dari kuliner hingga tempat wisata.

Penjaja kuliner dan buah di pasar tradisional di Thailand.(EPA)
Foto: EPA
Penjaja kuliner dan buah di pasar tradisional di Thailand.(EPA)

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Thailand dengan ibu kotanya Bangkok memang mengundang rindu, dengan berbagai kuliner khasnya yang tak hanya enak dan nikmat dengan rasa khasnya yang segar pedas dan unik di lidah, juga menarik dipandang mata sajiannya, serta berbagai kuil dan pertunjukan khasnya juga tempat belanja murahnya. Berikut ini adalah 5 Hal yang mengundang rindu di Bangkok.

Belanja Murah

Baca Juga

Apalagi yang dicari wisatawan asal Indonesia kalau bukan oleh-oleh, bahkan sejak pertama kali menginjakkan kaki ke suatu destinasi wisata maka yang terpikirkan pertama kalinya justru tempat membeli oleh-oleh. Ada Khao San Road, segala benda yang diperdagangkan di tempat ini unik dan benar-benar terjangkau harganya.

Tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai negara yang memadati sepanjang jalannya. Terdapat banyak kios souvenir yang menjual tas, pakaian, sepatu dan aneka aksesoris murah, dan juga ada tempat jajan hingga tempat penginapan murah di kawasan ini.

Terdapat juga tempat tato nonpermanen dan spa tempat pijat ala Thailand. Lalu ada Chatuchak Weekend Market yang tak hanya terkenal dengan barang murahnya tapi juga dengan sekumpulan penjaja street food yang menjual aneka kuliner yang menggugah selera.

Pada tempat belanja ini bisa ditemukan hidangan unik seperti telur puyuh yang digoreng ala mata sapi, dan mango sticky rice, juga aneka sate, lalu juga coconut ice creamnya yang terkenal dan bikin rindu itu. Harganya juga tidak terlalu mahal yakni di kisaran sekitar 30 baht Thailand hingga 50 baht.

Kuliner Khasnya

Hal yang paling membuat rindu dari Bangkok adalah aneka kulinernya yang unik dan khas. Sulit untuk dilupakan dan meski beberapa ada yang dijual di Indonesia tapi mencicipi rasa otentiknya di negara asalnya memberi sensasi rasa yang berbeda.

Berbagai kuliner yang bikin rindu itu ada ayam goreng pandan dengan rasa dan tampilannya yang unik. Ayam yang dibalut dengan daun pandan ini memiliki rasa yang gurih asin dan aroma daun pandan, hidangan Gai Hor Bai Toey ini di tempat aslinya dihidangkan bersamaan dengan sausnya yang rasanya pedas dan sedikit asam.

Lalu juga ada Som Tam yang mudah ditemukan baik di restoran atau street food yang ada di Bangkok. Irisan pepaya muda ini dibuat dengan dicampur kecap ikan, dan bawang, juga jeruk lemon, serta cabe, dan kacang. Rasa salad pepaya muda ini segar, dan bikin rindu karena jarang ditemukan di Indonesia.

Kemudian Khao Pad  yakni nasi goreng Thailand berbahan nanas. Lalu hidangan dari udang khas Thailand yakni Tom Yum. Sup udang pedas khas Thailand ini dibuat dari kaldu udang, yang diberi perasan jeruk lemon, dan nam prik pao yakni pasta cabai khas Thailand dan lain sebagainya.

Museum Uniknya

Lalu yang tak kalah serunya dan juga bikin rindu adalah museumnya. Beragam museum unik ada di Bangkok. Terdapat museum lilin Madame Tussauds di kota Bangkok yang merupakan salah satu dari enam buah museum lilin Madame Tussauds yang ada di Asia.

Langsung terbang saja ke Bangkok dan berfoto-foto dengan beberapa tokoh dunia yang jadi idola. Ada patung lilin Ir. Soekarno, yakni presiden pertama Republik Indonesia, dan juga patung lilin Obama dengan istrinya, ada patung artis dunia Katy Perry, dan Brad Pitt juga Angelina Jolie, dan atlet sepakbola David Beckham, juga artis Lady Gaga, dan presenter terkenal Oprah Winfrey hingga patung tokoh kartun ternama Jepang, seperti Doraemon, Hello Kitty dan lain sebagainya masih banyak lagi.

Museum Madame Tussauds Bangkok ini buka mulai dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam, jadi jam 8 malam ialah waktu paling lambat untuk bisa memasuki bangunan museum ini. Buat yang belum sempat berfoto dengan tokoh lain yang cukup banyak jumlahnya ini maka bisa datang lagi.

Transportasinya juga mudah dari pusat kota Bangkok naik saja BTS lalu turun di Siam Station, lalu bisa dilanjutkan berjalan kaki menuju ke Siam Discovery Mall. Tiket masuk ke museum patung lilin ini ialah sebesar 800 Baht atau sekitar 300 ribu Rupiah. Lalu juga Batcat Toy Museum yang tak seseram Bangkok Forensic Museum atau Bangkok Correction Museums, surga mainan ini pasti dirindukan anak-anak.

Siam Niramit Show dan Pantai Pattaya

Pertunjukan spektakuler di Siam Niramit juga pantai Pattaya nya juga membuat rindu Bangkok.

Kuil-kuilnya

Lalu juga kuil-kuil dan istananya. Ada Wat Arun atau Wat Chaeng, yang letaknya di tepi barat sungai Chao Phraya, dan Wat Phra Kaew atau kuil Budha Zamrud atau yang disebut juga sebagai Wat Phra Sri Rattana Satsadaram yang menyimpan Phra Kaew Morakot atau Budha Zamrud dari batu giok. Juga Wat Pho atau Kuil Budha berbaring dan lain sebagainya.

Kota yang iklim cuacanya tak jauh beda dengan iklim di Indonesia ini memang layak dikunjungi lebih dari satu kali. Bisa dapatkan tiket ke Bangkok dengan harga terbaiknya di Traveloka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement