Kamis 26 May 2016 06:40 WIB

Pelesiran ke Thailand, tak Perlu Khawatir Sulit Mencari Masjid

Rep: Riga Iman/ Red: Winda Destiana Putri
Islamic Centre Thailand
Foto: Google
Islamic Centre Thailand

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Untuk berlibur ke Thailand, sebagian umat Muslim memperkirakan tidak mudah menemukan Masjid.

Namun, di negara yang masyarakatnya mayoritas beragama Budha ini ternyata banyak berdiri Masjid di sejumlah titik pusat kota.

Data yang dikeluarkan Tourism Authority of Thailand (TAT) menyebutkan di negara gajah putih tersebut terdapat sekitar 3.600 Masjid.

Dari ribuan Masjid tersebut terdapat sejumlah Masjid yang usianya ratusan tahun dan menarik untuk dikunjungi para wisatawan Muslim.

Salah satunya Masjid Islamic Center yang berada di Thanon Ramkhamhaeng Soi 2 area Suan Luang, Bangkok. Masjid ini berada di bawah naungan the Foundation of Islamic Centre of Thailand. Keberadaan komunitas ini sudah ada di Thailand sejak 1954 lalu.

"Setiap hari banyak yang menjalankan ibadah di sini," ujar Wasan Ketwit, Humas the Foundation of Islamic Centre of Thailand kepada Republika di Bangkok Rabu (25/5).

Bahkan, pada shalat Jumat jumlah jemaah yang menjalankan ibadah di sana mencapai sekitar 2.000 orang. Wasan menuturkan, geliat ibadah di dalam Masjid semakin semarak pada bulan Ramadhan.

Saat ini pun Masjid telah menyiapkan diri untuk menyambut bulan puasa. Di sejumlah titik bangunan tampak sejumlah pekerja tengah membersihkan Masjid yang cukup megah tersebut.

Menurut Wasan, pada bulan puasa pengurus Islamic Center menyediakan makanan buka puasa. Selain itu pada 10 Ramadhan mendatang pengurus Islamic Center Thailand ini akan mengundang kedutaan besar negara Muslim untuk berbuka puasa bersama di Masjid kompleks Islamic Center.

Masjid lainnya yang terdapat di Bangkok yakni Masjid Ridwanool Islam yang berada di pinggiran Sungai Chao Phraya. Masjid ini diperkirakan telah ada sejak tahun 1800. 

"Selain Masjid, disini juga ada madrasah yang mengajar para santri tentang pengetahuan agama Islam," ujar ustad Muhammad bin Ismail, salah seorang pengurus dan muazin di Masjid tersebut.

Saat ini dimadrasah tersebut tengah belajar seratus orang santri yang berasal dari beberapa kota baik Bangkok hingga selatan Thailand. Lulusan santri di madrasah tersebut banyak yang mendapatkan beasiswa hingga ke Mesir.

Selain masjid Islamic Center dan Ridwanool Islam ada beberapa Masjid lainnya yang menarik. Misalnya Masjid Jawa yang dibangun oleh keturunan orang Jawa, Masjdi Bang Luang, Masjid Harun, dan Masjid Bang Utit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement