Selasa 04 Feb 2020 05:11 WIB

Lima Tanda Tubuh Kurang Vitamin D

Vitamin dan nutrisi, memainkan peran kunci dalam tubuh manusia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Sinar matahari adalah sumber vitamin D terbaik (Foto: menikmati sinar matahari)
Foto: Needpix
Sinar matahari adalah sumber vitamin D terbaik (Foto: menikmati sinar matahari)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vitamin dan nutrisi, memainkan peran kunci dalam tubuh manusia. Salah satu vitamin paling penting adalah vitamin D. Vitamin D membantu menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot.

Dilansir Pink Villa, Selasa (3/2), sinar matahari adalah sumber vitamin D terbaik dan karenanya dokter merekomendasikan untuk menghabiskan waktu di bawah sinar matahari setiap hari. Kekurangan vitamin D juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan, untuk lebih jelasnya berikut gejala yang bisa timbul karena kekurangan vitamin D.

Baca Juga

Selalu merasa lelah

Ini adalah salah satu gejala defisiensi vitamin D yang paling umum. Jika Anda sering merasa lelah bahkan setelah makan dan tidur cukup, mungkin Anda mengalami kekurangan vitamin D. Vitamin D diperlukan untuk fungsi otot rangka, dan kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan kelelahan.

Nyeri tulang dan punggung

Sama seperti nutrisi penting lainnya, vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dalam tubuh. Jika Anda sering mengalami rasa sakit, maka itu mungkin pertanda kandungan vitamin D yang tidak memadai dalam darah. Sesuai penelitian, kekurangan vitamin dapat menyebabkan rasa sakit di tubuh.

Luka sulit sembuh

Pemulihan luka yang lambat dikaitkan dengan rendahnya tingkat vitamin D dalam tubuh. Vitamin D berperan penting dalam mengendalikan peradangan dan melawan infeksi. Orang yang menderita kekurangan vitamin D dapat menderita peradangan, yang dapat menghambat proses penyembuhan.

Rambut rontok

Kerontokan rambut disebabkan karena berbagai alasan, salah satunya kekurangan vitamin D. Vitamin D membantu folikel rambut untuk tumbuh, walhasil jika kekurangan vitamin D, kualitas rambut akan terpengaruh. Vitamin D juga menyebabkan alopecia areata, suatu kondisi yang menyebabkan rambut rontok.

Tidak percaya diri

Vitamin D memainkan peran penting dalam mengangkat suasana hati. Jika Anda merasa tidak percaya diri atau tertekan, paparan sinar matahari di pagi hari mungkin membantu menghibur Anda. Paparan sinar matahari bahkan direkomendasikan untuk orang yang menderita depresi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement