Rabu 27 Mar 2019 08:34 WIB

Pembatalan Dakwaan Aktor Empire Dikecam

Kasus Jussie Smollet dipandang sebagai bentuk ketidakadilan hukum di Amerika.

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari
Jussie Smollett
Foto: AP
Jussie Smollett

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wali Kota Chicago Rahm Emanuel memprotes keputusan jaksa Cook County yang membatalkan dakwaan terhadap aktor Empire Jussie Smollett. Emanuel mengatakan keputusan itu menyiratkan pesan bahwa orang-orang terkenal bisa tidak bertanggung jawab atas tindakan mereka.

"Ini adalah bukti mengaburkan keadilan. Orang yang salah atas tindakannya telah bebas dari hukuman tanpa rasa pertanggungjawaban moral dan etika," ujarnya, dilansir laman Variety, Rabu (27/3).

Baca Juga

Emanuel membandingkan drama hukum ini dengan skandal penerimaan perguruan tinggi elite. Di mana biasanya hasilnya mencerminkan keberadaan sistem peradilan dua tingkat.

"Ini mengirimkan pesan yang jelas jika Anda berada dalam posisi yang berpengaruh dan berkuasa, Anda akan diperlakukan dengan satu cara dan orang lain akan diperlakukan dengan cara lain. Ini salah," lanjutnya.

Inspektur Kepolisian Chicago, Eddie Johnson mendukung penyelidikan yang menemukan bahwa Smollett membayar Abel dan Ola Osundairo bersaudara untuk melancarkan serangan kebencian terhadap dirinya sendiri pada 29 Januari lalu. Sebelumnya Smollett diduga merekayasa klaim tentang dua penyerang yang menuangkan cairan berbahaya kepadanya dan mengucapkan penghinaan rasial homofobik.

Kemudian Selasa pagi kemarin, kantor Kejaksaan Negara Bagian Cook membatalkan 16 dakwaan terhadap Smollett. Smollett pun tidak diharuskan membayar jaminan 10 ribu dolar AS dan dia tidak dipaksa untuk mengakui kesalahannya.

Kepolisian berpendapat jika Smollett ingin mengklaim tidak bersalah, ia seharusnya pergi ke pengadilan. "Mereka memilih untuk bersembunyi di balik kerahasiaan dan menengahi kesepakatan untuk menghindari sistem peradilan," kata Johnson.

Kevin Graham, presiden serikat polisi Chicago juga akan meminta Departemen Kehakiman untuk menyelidiki penanganan kasus oleh pengacara negara. Pengacara Negara Kim Foxx sebelumnya mengundurkan diri dari kasus ini setelah melakukan percakapan dengan salah satu anggota keluarga Smollett di awal penyelidikan.

Graham juga menduga adanya ketidakadilan dalam penanganan kasus ini. Dia mencatat bahwa Smollett masih bisa menghadapi tuduhan federal jika diketahui telah mengirim surat ancaman kepada dirinya sendiri. "Kami tentu saja menggandakan pada pencarian kami untuk menemukan keadilan di sini," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement