Rabu 06 Mar 2019 14:45 WIB

10 Cara Lebih Sehat untuk Usia 60 Tahun ke Atas

Orang di atas usia 60 perlu olahraga yang melibatkan kecepatan dan intensitas.

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah
Kegiatan olahraga rutin diharapkan dapat meningkatkan kesehatan lansia. Sebuah penelitian membuktikan olahraga pada lanjut usia dapat mengurangi risiko penyakit dimensia dan menjaga fungsi otak mereka.
Foto:

Tantang kecepatan Anda

"Orang di atas usia 60 perlu olahraga yang melibatkan kecepatan dan intensitas," kata Van Norman.

Kebanyakan orang bahkan tidak berpikir tentang kecepatan agar tetap sehat. Tapi pemain tenis melakukan itu setiap saat. Menurutnya, Anda perlu melakukan sesuatu untuk menantang kecepatan, bukan hanya kekuatan.

"Itu sebabnya olahraga seperti tenis bisa menjadi hebat seiring bertambahnya usia," katanya.

Percaya pada diri sendiri

"Menghadapi keraguan diri dan depresi setelah beberapa peristiwa tragis dan menantang," kata Sharon Sultan Cutler (71 tahun) yang beralih ke terapi untuk membantunya merasa lebih baik tentang dirinya sendiri.

"Orang pertama yang harus Anda percayai adalah diri Anda sendiri," kata Sultan Cutler yang juga merupakan seorang penulis. Menurutnya, orang-orang suka berada di sekitar orang lain yang percaya pada diri mereka sendiri.

Selesaikan proyek

Pilih proyek yang memiliki arti bagi Anda. Sultan Cutler memilih untuk ikut menulis bersama dengan dua penulis lain. Bukunya yang pertama, Bandstand Diaries: The Philadelphia Years, 1956-1963. Sekarang dia sudah menulis buku ketiganya, Your New You After 65:  Valuable Advice to Inspire Your Awesome Aging. Baginya, rasanya seperti bermimpi ketika kamu benar-benar bisa mewujudkannya.

Perbaikan diri

Ada yang menyebut ini pembelajaran seumur hidup. "Menjalani gaya hidup yang lebih sehat membutuhkan pembelajaran yang konstan dan peningkatan diri," kata Sultan Cutler. Carilah sumber belajar lokal seperti komunitas atau tempat les, di mana kelas-kelas sering kali didiskon dengan tajam untuk manula. "Perbaikan diri bukan hanya fisik, Ini juga mental," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement