Kamis 27 Dec 2018 05:00 WIB

Tujuh Risiko Penyebab Kanker, Nomor 5 Anda tak akan Percaya

Orang yang memiliki tubuh tinggi lebih berisiko terkena kanker.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Obesitas (Ilustrasi)
Foto:
Pria menyeruput segelas teh panas.

Sebuah studi tahun 2018 menemukan wanita dengan implan payudara jenis tertentu mungkin menghadapi peningkatan risiko limfoma tipe langka yang disebut limfoma sel besar anaplastik (ALCL). Jenis kanker ini bukan kanker payudara.

Limfoma adalah kanker yang timbul dari sel-sel sistem kekebalan tubuh. Di antara para wanita dalam penelitian ini, mereka yang memiliki implan payudara yang bertekstur, bukannya permukaan yang halus, berada pada risiko yang lebih tinggi terhadap ALCL.

Namun, risiko umum kanker ini bahkan di kalangan wanita dengan implan sangat rendah. Peneliti menghitung , setiap 7.000 wanita yang mendapatkan implan payudara, satu akan melanjutkan untuk mengembangkan ALCL di payudara pada saat berusia 75 tahun. Meskipun alasan tidak jelas, ada kemungkinan implan memicu peningkatan peradangan di jaringan payudara, yang dapat menyebabkan kanker dari waktu ke waktu.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement