Kamis 11 Oct 2018 12:37 WIB

Cek Kesehatan dengan Perhatikan Warna Kuku Kaki

Bintik atau garis putih bisa pertanda trauma dan tubuh kekurangan zinc

Rep: Nora Azizah / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kuku kaki keunguan
Foto: menshealth.com/gettyimages
Kuku kaki keunguan

3. Bintik Putih

Dikenal dengan Leukonychia, bintik atau garis putih pada kuku bisa menunjukkan beberapa kondisi kesehatan. Garis putih pada kuku bisa muncul apabila terjadi tekanan berulang atau trauma. Misalnya, berlari dengan ukuran sepatu kekecilan. Bintik putih akan terbentuk apabila cedera tidak cukup parah.

Namun, Leukonychia juga bisa disebabkan kekurangan seng. Jika kuku benar-benar putih maka bisa berarti orang tersebut mengalami anemia atau kekurangan protein. Bintik putih yang disebabkan cedera bisa diobati dengan vitamin biotin. Apabila tidak disebabkan cedera maka berhati-hatilah karena bisa menjadi pertanda anemia.

4. Hitam

Kuku yang benar-benar berwarna hitam memiliki banyak penyebab, di antaranya kekurangan vitamin B12, masalah ginjal, hingga hati. Namun yang paling umum, yakni trauma pada kuku. Apabila ini terjadi maka harus menunggu seluruh kuku tumbuh sebelum perubahan warna hilang. Kondisi ini memakan waktu enam hingga sembilan bulan. Apabila merasa khawatir sebaiknya bisa mengunjungi dokter. 

Apabila kuku tidak sepenuhnya hitam, melainkan hanya terdapat garis hitam melintang maka penyebab paling umum disebut melanonychia linear. Kondisi ini terjadi ketika pigmen pada kuku yang dikenal dengan melanosit membuat pigmen berlebihan. Hal ini menyebabkan kuku menghitam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement