Selasa 21 Dec 2021 19:41 WIB

5 Keluhan di Lidah yang Bisa Jadi Tanda Penyakit

Perhatikan perubahan yang terjadi pada lidah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Lidah. Keluhan pada lidah dapat menjadi petunjuk adanya penyakit.
Foto: Twitter
Lidah. Keluhan pada lidah dapat menjadi petunjuk adanya penyakit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski berukuran kecil, lidah berperan penting dalam menunjang banyak aktivitas, seperti mengunyah, menelan, dan bicara. Hanya saja, tak banyak orang yang tahu bahwa ada beberapa tanda penyakit yang patut diwaspadai dari keluhan pada lidah.

Perubahan apa saja yang terjadi pada lidah yang dapat menjadi petunjuk adanya penyakit? Berikut ini adalah tanda-tanda tersebut, seperti dilansir The Sun, Selasa.

Baca Juga

Bengkak dan benjolan

Benjolan atau bengkak pada lidah merupakan kondisi yang tak boleh diabaikan. Menurut dr Ross Perry, kemunculan benjolan atau bengkak tak biasa pada area apa pun di mulut perlu diperiksakan ke dokter gigi atau dokter umum.

 

Benjolan atau bengkak di area leher atau rahang juga perlu diperhatikan. Kondisi ini biasanya berkaitan dengan infeksi pada gusi atau bagian lain salam mulut.

Selain benjolan atau bengkak, penting juga untuk mewaspadai luka atau sariawan yang tak kunjung sembuh di dalam mulut. Meski ukurannya tak besar, selama luka atau sariawan tersebut menetap, bahkan hingga berbulan-bulan, perlu diwaspadai.

Lidah terbakar

Sensasi lidah terbakar biasanya dipicu oleh makanan atau minuman yang terlalu panas. Iritasi dari mouthwash atau sikat gigi juga bisa memicu sensasi terbakar ini pada lidah.

Bila tak ada penyebab tersebut tapi sensasi terbakar muncul, bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh masalah kesehatan langka bernama sindrom lidah terbakar. Kondisi ini perlu diperiksakan ke dokter.

Lidah gatal

Lidah gatal yang disertai dengan patches atau noda putih pada lidah biasanya disebabkan oleh oleh oral thrush atau infeksi jamur dalam mulut. Masalah ini perlu diobati secara medis oleh dokter.

Noda putih pada lidah juga bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan lain. Bila menetap, periksakan noda putih pada lidah ini ke dokter untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement