Jumat 16 Feb 2018 02:06 WIB

Sarapan Buat Datang Bulan Lancar untuk Remaja

Sarapan bisa mengatasi masalah tidak teraturnya datang bulan.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Saat sarapan jangan lupa menambahkan buah atau sayur ke asupan karbohidrat dan protein.
Foto: Wikipedia
Saat sarapan jangan lupa menambahkan buah atau sayur ke asupan karbohidrat dan protein.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pentingnya sarapan berlaku untuk segala usia. Bukan hanya untuk kosentrasi dalam bekerja di pagi hari saja, namun, untuk remaja perempuan, sarapan bisa mengatasi masalah tidak teraturnya datang bulan.

Dr. Ulul Albab, SpOG mengatakan, jika sarapan sangat baik bagi remaja perempuan. Biasanya, salah satu masalah yang sering dikeluhkan terjadi menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur.

Sebagai spesialis kandungan, dr Ulul menjelaskan, salah satu masalah penyebab hal tersebut karena remaja perempuan itu sering melewati sarapan. Padahal, sarapan merupakan waktu terpenting dalam pemenuhan gizi harian.

"Kalau remaja tidak sarapan itu pun bisa mengganggu haid," kata dokter RS Aulia Jakarta Selatan itu.

Masalah tersebut timbul dari nutrisi yang tidak terpenuhi. Dengan sarapan yang sehat, maka kebutuhan nutrisi harian telah terpenuhi seperempatnya.

Dengan mengonsumsi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral akan memperbaiki mensntruasi remaja. Semua komponen tersebut harus terpenuhi sebagai gizi seimbang, bukan lagi menggunakan istilah empat sehat lima sempurna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement