Senin 14 Aug 2017 08:51 WIB

Ikan yang Segar tidak akan Berbau Amis

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Pedagang menanti pembeli di Pasar Ikan Muara Baru, Jakarta, Kamis (29/6).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Pedagang menanti pembeli di Pasar Ikan Muara Baru, Jakarta, Kamis (29/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsumsi ikan sering dihindari karena bau amis yang tidak mengenakkan bagi sebagian orang. Untuk menghilangkan amisnya, sebenarnya dapat dilakukan dengan pelbagai cara termasuk memilih ikan paling segar.

Vice President Inflight Service Garuda Indonesia Vindex Tengker menjelaskan jika pada dasarnya bau ikan tidak terlalu amis. Memang mengeluarkan bau khas, namun tidak seamis ikan yang sudah berumur.

"Ikan itu memang amis, tapi baunya natural. Kalau tidak segar ini baru akan menimbulkan bau amis yang berbeda," kata Chef Vindex.

Saat ikan sudah mengeluarkan bau amis yang menyenangat, tandanya ikan telah keluar dari air cukup lama. Semakin lama, baunya pun akan terus bertambah amis dan sebaiknya dihindari untuk konsumsi.

"Pakai garam dan merica pun nggak masalah kalau ikan yang baru, butuh bumbu lebih itu jika memang ikannya sudah amis," kata Chef Vindex.

Chef Vindex menjelaskan, sebenarnya masakan indonesia sudah banyak menolong kondisi ikan yang tidak benar-benar segar. Sebab masakan Indonesia, termasuk olahan ikan, sering menggunakan bumbu-bumbu yang kuat dan menutupi bau amis dari ikan.

Disarankan, jika ikan tidak segar jangan langsung digoreng atau dibakar begitu saja. Teknik tersebut tanpa menggunakan bumbu yang kuat hanya akan membuat bau tetap menempel pada ikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement