Rabu 31 Aug 2016 10:42 WIB

Berenuk, Buah untuk Bahan Pestisida

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Andi Nur Aminah
Buah berenuk atau buah maja
Foto: Retno Wulandhari/Republika
Buah berenuk atau buah maja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beragam jenis buah-buahan hadir di ajang Fruit and Veggie Festival yang berlangsung hingga Ahad (4/9) mendatang di Blom M Square, Jakarta Selatan. Selain buah-buahan asli Indonesia, menarikan sederet buah-buah unik yang berasal dari luar negeri juga turut dipamerkan.

Mulai dari buah kola yang dipakai sebagai bahan perasa minuman Coca-Cola, buah khas dari luar negeri lainnya yang turut dipajang adalah buah berenuk. Menurut Munir, penanggungjawab festival tersebut, buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan tropis ini dianggap juga sebagai buah maja di Indonesia. "DI Indonesia kita mengenalnya sebagai huah maja," ujar Munir.

Bentuk buahnya bulat besar seperti bola bowling. Dia menjelaskan buah berenuk ini memiliki banyak khasiat. Zaman dahulu, buah berenuk kerap digunakan sebagai bahan pestisida alami oleh para petani. Saat ini, buah berenuk juga bangak digunakan sebagai bahan obat untuk mengatasi sejumlah penyakit. Di antaranya diare, sakit perut, pilek, bahkan bronchitis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement