Kamis 23 Jun 2016 11:22 WIB

Begini Cara Membuat Saus Tomat Rumahan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Buah tomat (ilustrasi)
Foto:
Membuat sendiri saus tomat

Saus kental atau bergumpal?

Untuk menghemat sedikit pekerjaan, direkomendasikan untuk mencincang tomat di food processor atau blender sebelum memasaknya. Beberapa getaran membuat saus bergumpal, dan proses lebih lama akan membuat saus sangat lembut.

Sebaliknya, jika Anda suka saus yang sangat bergumpal, maka biarkan tomat hancur secara alami saat didihkan. Anda juga bisa mencincang tomat dengan tangan, hancurkan menggunakan penggiling makanan, atau purée tomat dengan sebuah tongkat blender setelah dimasak.

Berapa lama masak saus?

Memasak saus tomat sekitar 30 sampai 90 menit. Waktu yang lebih singkat akan menghasilkan sebuah saus yang lebih encer dengan sebuah rasa tomat segar. Memasaknya lebih lama akan membuat lebih kental dan memberikan rasa saat memasak. Perhatikan saus Anda saat mendidihkan dan hentikan memasak ketika sampai pada rasa yang mantap dan Anda suka.

Jika Anda tidak pernah membuat saus tomat dari tomat segar sebelumnya, ini adalah waktu yang baik untuk memulai. Cobalah terlebih dahulu dalam jumlah sedikit. Saos tomat yang sudah jadi cukup disimpan dalam lemari pendingin jika tidak ingin mengalengkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement