Senin 06 Jun 2016 13:52 WIB

Pentingnya Wajib ASI Selama 6 Bulan Pertama

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Setelah 6 bulan bayi perlu diberi makanan tambahan pendamping ASI.
Foto: flickr
Setelah 6 bulan bayi perlu diberi makanan tambahan pendamping ASI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nutrisi sangat penting bagi tumbuh kembang anak menjadi lebih cerdas dan sehat. Air susu ibu (ASI) selalu menjadi menu utama yang ditekankan terutama hingga bayi berusia enam bulan.

Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K), dokter spesialis anak dan konsultan endokrin metabolik & diabetes anak RS Pondok Indah menjelaskan, asupan ASI untuk anak pada usia di bawah enam bulan memang sudah tidak bisa ditawar lagi. Keberadaan ASI sangat penting untuk merangsang hari-hari awal kehidupan bayi.

"ASI bagi anak di atas enam bulan tidak lagi mencukupi kalori, itu berlaku baik untuk anak di Indonesia atau luar negeri," kata Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Aman mengatakan, kebutuhan kalori anak di atas usia enam bulan sekitar 700 kalori, dan jumlah tersebut tidak bisa diberikan dengan ASI saja. Mesti ada Makanan Pendamping Asi (MP ASI) yang menambah kebutuhan kalori.

"Biasanya dari ASI saja kemudian ditambah MPASI ada penurunan presentase kenaikan berat badan," kata dr. Aman.

Menurutnya, ketika anak mencoba peralihan dari ASI murni kemudian dicampur MPASI atau makanan pendamping ASI memang berat badan anak tidak akan naik drastis seperti sebelumnya. Hal tersebut dianggap wajar, sebab anak sedang beradaptasi dengan tekstur yang berbeda dari ASI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement