Selasa 31 May 2016 08:45 WIB

Ibu Hamil Merokok, Anak Berpotensi Skizofrenia

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Wanita hamil
Foto: pexels
Wanita hamil

REPUBLIKA.CO.ID, Apabila Anda termasuk perempuan perokok, ada baiknya menghentikan kebiasaan itu saat mengandung. Pasalnya, studi terbaru menunjukkan anak yang lahir dari ibu yang merokok saat hamil lebih berpeluang mengembangkan skizofrenia di kemudian hari.

Penelitian di Finlandia menemukan kaitan antara nikotin dalam tubuh ibu dengan penyakit mental tersebut. Tanda-tanda paparan nikotin berat dalam darah ibu dikaitkan dengan peningkatan kemungkinan skizofrenia sebesar 38 persen.

Para ilmuwan menganalisis 1.000 pasien skizofrenia beserta data catatan kelahiran dan kesehatan mereka. Berdasarkan penelitian itu, seperlima dari ibu pasien skizofrenia diketahui merokok berat saat hamil.

Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Psychiatry itu juga menggunakan analisis berbasis biomarker. Metode yang disebut kali pertama dilakukan itu menunjukkan hubungan antara paparan nikotin pada janin dan skizofrenia.

Profesor Alan Brown, peneliti senior dari University of Columbia di New York City, mengatakan nikotin adalah zat berbahaya yang bisa dengan mudah memengaruhi plasenta. Zat itu akan memasuki aliran darah janin lantas menyebabkan kelainan perkembangan saraf.

"Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pendidikan kesehatan guna mencegah risiko kesehatan anak dari ibu perokok aktif," ujar Brown.

Skizofrenia adalah penyakit mental yang ditandai dengan gangguan proses berpikir dan tanggapan emosi yang lemah. Keadaan ini umumnya membuat pengidapnya berhalusinasi, paranoid, serta punya keyakinan yang tidak sesuai dengan kondisi di dunia nyata, dilansir dari Mirror.

(baca: Ine Febriyanti Dukung Kampanye Bahaya Rokok)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement