Selasa 29 Mar 2016 13:21 WIB

Menteri Siti Kagumi Tiga Taman Nasional di Jawa Timur Ini

Rep: Sonia Fitri/ Red: Bilal Ramadhan
Wisatawan menaiki perahu menyusuri sungai di Mangrove Bedul, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (9/1).
Foto: Antara/Seno
banteng jawa

Selesai menikmati padang gembalaan dan pantai, Siti Nurbaya melakukan safari malam untuk mengamati rusa dan banteng di Taman Nasional Baluran, Kab. Situbondo, dengan waktu tempuh hampir dua jam dari Taman Nasional Alas Purwo.

Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di Pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Sekitar 40 persen tipe vegetasi savana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran. Terdapat 444 jenis tumbuhan dan 26 jenis mamalia di Baluran diantaranya banteng (Bos javanicus javanicus), kerbau liar (Bubalus bubalis), ajag (Cuon alpinus javanicus), kijang (Muntiacus muntjak muntjak), rusa (Cervus timorensis russa), macan tutul (Panthera pardus melas), kancil (Tragulus javanicus pelandoc), dan kucing bakau (Prionailurus viverrinus).

Satwa banteng merupakan maskot dari Taman Nasional Baluran. Melihat populasi Banteng di Baluran yang terus mengalami flkutuasi, dan pada beberapa tahun terakhir cenderung mengalami penurunan akibat perburuan liar, predasi, menurunnya kualitas dan kuantitas habitat.

Siti Nurbaya mendorong Baluran untuk meningkatkan populasi Banteng di habitat alami, mengembangbiakan Banteng secara semi alami serta meningkatkan kualitas genetik Banteng yang ada di Taman Nasional Baluran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement