Selasa 29 Mar 2016 13:21 WIB

Menteri Siti Kagumi Tiga Taman Nasional di Jawa Timur Ini

Rep: Sonia Fitri/ Red: Bilal Ramadhan
Wisatawan menaiki perahu menyusuri sungai di Mangrove Bedul, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (9/1).
Foto: Antara/Zabur Karuru
Wisatawan menaiki perahu menyusuri sungai di Mangrove Bedul, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (9/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar melakukan promosi Taman Nasional dengan mengunjungi tiga Taman Nasional di Jawa Timur.

Ketiganya yakni Taman Nasional Alas Purwo di Kabupaten Banyuwangi, Taman Nasional Baluran di Kabupaten Situbondo dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada lintas kabupaten yaitu kabupaten Pasuruan, Malang, Probolinggo dan Lumajang.

"Taman Nasional Alas Purwo merupakan salah perwakilan tipe ekosistem hutan hujan dataran rendah di Pulau Jawa," kata dia bercerita, Selasa (29/3).

Tumbuhan khas dan endemik pada taman nasional tersebut yaitu sawo kecik (Manilkara kauki) dan bambu manggong (Gigantochloa manggong).

Alas Purwo, lanjut Siti, juga merupakan habitat dari beberapa satwa liar seperti lutung budeng (Trachypithecus auratus auratus), banteng (Bos javanicus javanicus), ayam hutan (Gallus gallus), rusa (Cervus timorensis russa), macan tutul (Panthera pardus melas) serta satwa langka dan dilindungi seperti penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), dan penyu sisik (Eretmochelys imbricata).

Pada saat kunjungan ke TN Alas Purwo, Menteri Siti sangat mengagumi padang gembalaan Sadengan, tempat banteng-banteng dan rusa liar mencari makan. Tak jauh dari sana juga terdapat pantai Triangulasi yang indah, dengan hamparan pasir putih.

Pada kesempatan tersebut, Siti Nurbaya dan rombongan berkesempatan melepas 120 ekor tukik, penyu sisik dan penyu belimbing di pantai Triangulasi yang hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari Sadengan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement