Rabu 20 Jan 2016 13:26 WIB

Doyan Makan? Jangan Lewatkan Tujuh Makanan Sehat Khas India Ini

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Makanan India
Foto: megabored
Makanan India

REPUBLIKA.CO.ID, Makanan khas India seringkali identik dengan kari pedas dan saus berlemak. Padahal banyak sekali makanan khas India lainnya yang kaya akan berbagai rempah dan tanaman herbal serta sayuran segar yang menyehatkan. Berikut ini adalah tujuh makanan khas India paling menyehatkan yang sayang untuk dilewatkan dilansir Megabored.

 

1. Sambar Dal

Kudapan khas India ini merupakan tipe makanan stew asam berbasis kacang-kacangan. Biasanya dilengkapi dengan kacang polong, rempah-remah, buncis dan tanaman herbal. Karena itu, Sambar Dal merupakan salah satu makanan khas India tersehat sekaligus kaya akan cita rasa. 

Biasanya, Sambar Dal ini disajikan dengan nasi serta lauk sayuran dan mudah ditemukan di bagian selatan India. Sambar Dal dapat dinikmati sebagai sarapan atau snack malam hari. Dalam tiap porsi, Sambar Dal hanya mengandung 50 kalori dengan 2,6 gram karbohidrat, 15 gram protein dan 1,8 gram lemak.

 

2. Ayam Tandoori

Sulit untuk melepaskan bayangan ayam tandoori saat memikirkan makanan khas India. Ayam tandoori merupakan kudapan ayam panggang yang diperkaya dengan bumbu rendaman berbahan dasar yodgurt serta masala tandoori. 

Sajian ini juga menyandang nama tandoori karena dimasak dalam sebuah oven tanah liat berbentuk silindris bernama tandoor. Yang membuat kudapan ini sehat ialah cara memasak ayam yang dilakukan dengan cara dipanggang sehingga makanan tidak berlemak sama sekali. 

Kombinasi yogurt dan rempah juga memperkaya kandungan gizi dalam ayam tandoori. Untuk satu porsi ayam tandoori, terdapat 13 gram lemak, 5 gram karbohidrat dan 30 gram protein serta 260 kalori.

 

3. Kebab Sayuran Hara Bhara

Meski umumnya kebab terbuat dari daging domba, namun hara bhara merupakan kebab yang terbuat dari sayuran segar dan rempah. Kebab sayuran hara bhara ini dipanggang sedemikian rupa sehingga memiliki tekstur renyah di luar dan lembut serta berkaldu atau juicy di dalam. 

Biasanya kudapan ini disajikan bersama nasi, lauk sayuran serta dressing atau saus salad yogurt. Salam satu sajian, kebab sayuran hara bhara mengandung 2 gram protein dan 73 kalori.

 

4. Idli

Kudapan ini merupakan kue gurih yang biasanya disajikan sebagai sarapan. Kue ini terbuat dari kacang hitam yang dikukus serta nasi. Selain merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik, idli kaya akan vitamin B dan asam amino. Campuran bahan yang terfermentasi secara ringan ini juga membuat usus lebih mudah mencerna kue yang tidak berminyak dan berlemak ini.

 

5. Daliya

Sejenis sereal khas India utara ini biasa disajikan saat sarapan. Sereal ini dibuat dengan berbagan dasar bubur gandum jagung atau gandum yang dihancurkan. Sereal ini juga bisa dijadikan kudapan manis atau gurih. 

Sarapan dengan Daliya juga memberi tubuh asupan serat dan karbohidrat kompleks yang baik. Selain itu, Daliya juga rendah kolesterol serta rendah gula, sehingga dapat menjadi menu sarapan ideal khususnya bagi penderita gangguan jantung.

 

6. Chapatti

Flatbread atau roti tipis ala India ini merupakan tipe roti tipis beragi. Tak heran jika kudapan ini merupakan andalan orang-orang India seperti halnya nasi. Chapatti tradisional biasanya terbuat dari gandum, akan tetapi ada pula chapatti yang terbuat dari campuran berbagai jenis gandum. 

Baik chapatti gandum murni dan chapatti campuran gandum kaya akan gizi-gizi penting. Untuk membuat kalori chapatti lebih rendah, proses memasak chapatti bisa menggunakan minyak zaitun.

 

7. Panir India dan Saus Curd

Saus curd terbuat dari susu fermentasi bakteri baik dan biasanya ditambahkan dengan sari jeruk lemon dalam proses pembuatannya. Sedangkan panir India merupakan kudapan yang sangat kaya akan kalsium serta vitamin penting. Panir India juga kaya akan probiotik yang dapat membantu proses pencernaan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement