Rabu 23 Dec 2015 11:33 WIB

Restoran di Jakarta Ini Sajikan Keaslian Rasa Sup Yuk Gae Jang Korea

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari
Sup yuk gae jang khas Korea
Foto: C23
Sup yuk gae jang khas Korea

REPUBLIKA.CO.ID, Yuk gae jang adalah sajian sup yang biasa dinikmati oleh masyarakat Korea. Namun, bagi Anda yang ingin merasakan gurihnya sup ini, tapi belum mendapatkan kesempatan untuk plesiran ke Korea, Anda dapat bertandang ke restoran House of Grill (HOG) di Plaza Indonesia, Jakarta.

Sup yuk gae jang yang disajikan di restoran HOG bisa dibilang memiliki kesamaan rasa dengan yang berada di Korea. Menurut kepala koki restoran HOG Teguh Ginting, hal itu disebabkan karena bumbu yang dia gunakan memang didatangkan langsung dari Korea.

Teguh pernah mencoba membuat sup yuk gae jang, tapi tidak menggunakan bumbu yang sama dengan komposisi aslinya di Korea. Ternyata rasanya sama sekali berbeda. "Misalnya saya ganti bubuk cabainya (yang dari Korea) dengan yang ada di Indonesia, rasanya jadi tidak sama. Membuat sup yuk gae jang, bahan-bahannya, memang harus langsung dari Korea," jelasnya, Jumat (11/12).

Karena itu, Teguh masih harus mengimpor bahan-bahan dan bumbu sup yuk gae jang langsung dari asal negaranya. "Biar keautentikan rasanya tidak hilang," ucapnya.

Selain bumbu, bahan yang masih harus didatangkan dari Korea adalah sayuran gosari. "Kalau di Indonesia, gosari ini seperti pakis, tapi memang berbeda. Agar tetap enak kita harus impor gosari ini dari Korea," tutur Teguh.

Selain gosari, pada sup yuk gae jang terdapat pula jamur shimeji, daging sapi bagian perut atas yang telah dimasak empuk, dan kocokan telur yang direbus bersama bahan-bahan sup tersebut. Dengan komposisi seperti itu, sup yuk gae jang didominasi dengan rasa gurih.

Dengan masih mengimpor beberapa bahan  dan bumbu langsung dari Korea, menurut Teguh, keautentikan rasa sup yuk gae jang akan terjaga. "Jadi kita tidak perlu ke Korea untuk mencicip sup ini," ujar Teguh.

(baca juga: Rudy Choirudin Bagi Trik Sukses Masak Sup Iga)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement