Ahad 22 Sep 2024 18:28 WIB

Korea Promosikan Kuliner di Indonesia, Salah Satunya Lewat Kimchi Halal

Pemilihan kimchi sebagai tema utama karena tingginya minat masyarakat Indonesia.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Qommarria Rostanti
Acara 2024 Kimchi Promotion yang digelar di Alam Sutera, Tangerang, pada Sabtu (21/9/2023). Korea Selatan gencar mempromosikan kuliner halal di Indonesia.
Foto: Dok. Republika/Fergi Nadira
Acara 2024 Kimchi Promotion yang digelar di Alam Sutera, Tangerang, pada Sabtu (21/9/2023). Korea Selatan gencar mempromosikan kuliner halal di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Korea Selatan (Korsel) gencar mempromosikan kulinernya ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Salah satu kuliner favorit asal Negeri Ginseng itu adalah kimchi.

Tiga lembaga dari Korea Selatan yakni Korea Agri-Food Import and Export Association, Kimchi Exporters Association, dan Food Business Exporters Association mengadakan acara “2024 Kimchi Promotion” yang bertujuan memperluas ekspor Kimchi di pasar Indonesia. Hal ini pun disambut baik masyarakat yang menyukai Korea.

Baca Juga

Acara tersebut diharapkan bisa menjadi pertukaran budaya, sebab para pengunjung di acara “2024 Kimchi Promotion” tak hanya dapat melihat dan mencicipi berbagai makanan Korea, tetapi juga berkesempatan mencoba permainan tradisional Korea dan memakai pakaian tradisional asal Korea Selatan Hanbok. Manager Global Sales Support Team Samyang Food Korea yang juga mewakili Korea Foods Marketing Association, Jung Ilchae menjelaskan, Korea Selatan berupaya melakukan pendekatan dan kerja sama dalam mempromosikan kuliner. Berbagai acara, termasuk kali ini pun bertujuan memperkenalkan produk makanan dan minuman Korea secara lebih luas di Indonesia.

“Acara ini bertujuan untuk mengenalkan produk-produk dari Korea, termasuk kimchi dan juga makanan lainnya. Saya sendiri dari Samyang juga membawa sembilan produk baru yang akan dipasarkan di Jakarta,” ujarnya kepada media di Alam Sutera, Tangerang, Sabtu (21/9/2024).

Menurut dia, pemilihan kimchi sebagai tema utama tak lain dari tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap makanan fermentasi tersebut. Seperti yang diketahui, Kimchi menjadi makanan utama orang Korea dan sering hadir dalam drama dan variety show populer Korea di Indonesia. 

Sementara itu, Jung mengatakan masyarakat Indonesia menyambut baik hadirnya makanan Korea sehingga tidak menutup kemungkinan tahun depan acara ini akan kembali digelar dengan lebih meriah. “Tahun depan kami juga akan mengadakan acara ini lagi di Jakarta,” tutup Jung.

Diplomasi kuliner Korea tak berhenti sampai di situ, cooking show dari Chef Choi Jun-hyuk menambah rasa penasaran masyarakat Indonesia tentang kimchi, yang tentunya disajikan halal dan diperoleh dari bahan-bahan yang halal. “Kimchi itu bisa dimakan dengan apapun, seperti acar kalau di Indonesia. Lalu, kimchi juga banyak disukai oleh orang Indonesia karena bisa dicampurkan dengan ramyeon,” kata Chef Choi.

Chef Choi Jun-hyuk memasak menu beragam seperti nasi goreng Kimchi Tuna, Kimchi Kanape, Kimchi Tteokbeokki, Kimchi Ramyeon. Semua menu tersebut dapat dicoba langsung oleh para pengunjung yang hadir.

Selama cooking show, para pengunjung juga diajak untuk menjawab pertanyaan seputar bahan baku yang digunakan oleh chef Choi Jun-hyuk. Jika menjawab dengan benar, pengunjung akan mendapatkan hadiah berupa makanan kemasan dari Daesang Food.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement