Kamis 17 Dec 2015 09:01 WIB

Gaet Ketertarikan Anak Menulis Lewat Corat-Coret

Rep: C32/ Red: Indira Rezkisari
Berikan anak pena dan kertas agar anak bisa corat-coret sebelum ia mahir menulis.
Foto: pixabay
Berikan anak pena dan kertas agar anak bisa corat-coret sebelum ia mahir menulis.

REPUBLIKA.CO.ID, Kesabaran jadi poin penting saat orang tua mengajarkan menulis pada anak. Selain butuh kesabaran, ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan orang tua untuk menjaga ketertarikan anak saat menulis.

Seperti dilansir New Kids Center, Kamis (17/12), orang tua disarankan membiarkan anak kenal menulis sedini mungkin. Memberinya pena dan kertas bisa memungkinkan mereka mencorat-coret karena bagi anak hal tersebut bisa menjadi hal yang menyenangkan.

Orang tua bisa menggunakan kesempatan terseut untuk mengajarkan mereka cara memegang pena dan menuliskan namanya sendiri. Mungkin saja pada saat itu anak tak langsung berhasil namun bisa menunjukkan apa yang seharusnya anak lakukan.

Huruf-huruf juga bisa menjadi inspirasi yang baik bagi anak ketika mereka belajar menulis karena akan membantuk anak menghafal bentuk. Dengan begitu, orang tua bisa mencoba membeli beberapa mainan dengan bentuk alfabet untuk membantu mereka mengenali dan menghafal huruf.

Selama anak asyik dengan mainan alfabet, orang tua bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk mengajari perbedaan huruf yang membingungkan seperti M dan W. Mengenali huruf dan menulis tentu merupakan hal yang berbeda sehingga perlu membuat anak mengerti. Membuat pelajaran menarik dengan menggambar satu baris huruf dan membiarkan anak menebak juga sangat membantu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement