Selasa 23 Mar 2021 19:22 WIB

Mood Orang Tua Tentukan Keberhasilan Stimulasi Anak

Orang tua harus mampu mengelola stress agar dapat mengoptimalkan pertumbuhan anak.

Rep: Santi Sopia/ Red: Dwi Murdaningsih
Mainan bisa menjadi objek untuk menstimulasi anak balita
Foto: beachkids.co.uk
Mainan bisa menjadi objek untuk menstimulasi anak balita

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ada istilah orang tua senang, anak pun bahagia. Di sinilah peran orang tua harus mampu mengelola stress agar dapat mengoptimalkan pertumbuhan buah hati.

Saskhya Aulia Prima, Psikolog dari Psikologi Anak dan Remaja mengatakan orang tua perlu bahagia terlebih dulu untuk bisa membahagiakan anak. Kemampuan orang tua megelola stress dengan baik menentukan interaksi dengan anak.

Baca Juga

“Jadi stimulasi bisa sampai walaupun dengan alat sederhana,” kata Saskhya dalam acara bersama Baby Happy, beberapa waktu lalu.

Sebagai orang tua, harus mengetahui cara mengelola emosi sehari-hari. Ada baiknya orang tua meluapkan emosi yang lebih netral.

“Cari cara cocok bagi orang tua, baik itu me time supaya recharge, supaya balik lagi situasinya,” kata Co Founder Tiga Generasi itu.

Dia mencontohkan komunikasi terhadap anak di usia yang memberikan tantangan tersendiri. Orang tua, kata dia bisa mencari sarana yang tepat sesuai tahapan usianya.

Dia mengatakan orang tua harus memastikan tangki cinta si anak terpenuhi. Selanjutnya, orang tua bisa menentuka waktu spesial bersama anak, beri perhatian setiap hari dan adil terhadap kakak atau adik agar sampai besar mereka tidak merasa dibandingkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement