Kamis 17 Dec 2015 08:48 WIB

Ajarkan Anak Menulis Dimulai dengan Teknik Tracing

Rep: C32/ Red: Indira Rezkisari
Orang tua bisa menuliskan kata dengan bintik-bintik atau garis samar sehingga anak mudah menulis.
Foto: wikipedia
Orang tua bisa menuliskan kata dengan bintik-bintik atau garis samar sehingga anak mudah menulis.

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika anak mulai belajar menulis bukan berarti orang tua hanya menemani dan mengarahkan melalui perkataan. Orang tua juga perlu melakukan hal yang menarik agar anak mudah menerima arahan dengan menyenangkan.

Seperti dilansir New Kids Center, Kamis (17/12), orang tua sementara bisa menuliskan kata terlebih dahulu dan membiarkan anak menontonnya. Setelah selesai menuliskan kata, orang tua bisa menjelaskan kepada anak bagaimana menulis kata tersebut.

Selain dengan cara tersebut, orang tua bisa menuliskan kata dengan bintik-bintik atau garis samar sehingga anak mudah menulis katanya. Biarkan anak menelusuri garis samar tersebut, atau dikenal dengan teknik tracing, beberapa kali sampai ia bisa menguasai dengan baik. Setelah itu selesai dorong anak untuk mulai menulis sendiri.

Selesai melakukan hal tersebut, periksa kata yang telah anak buat, pastikan semua huruf dibuat dengan benar. Jangan lupa jika ada yang salah, beri tahu anak cara yang benar. Anak-anak belajar lebih baik ketika mereka dijelaskan mana yang harus diperbaiki dibanding untuk mengingat.

 

Orang tua juga didorong untuk memberikan pujian atau memberikan hadiah kecil seperti permen setelah mereka belajar. Dengan praktik terus menerus dan dukungan yang positif, anak akan mampu menulis dengan sempurna.

(baca juga: Kapan Sebaiknya Anak Disunat?)

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement