Kamis 10 Dec 2015 06:34 WIB

Dokter Sarankan Waspadai Pemberian Sepeda Roda Tiga ke Batita

Rep: C01/ Red: Indira Rezkisari
Dokter menemukan banyak batita yang luka karena masih terlalu dini diberikan sepeda roda tiga.
Foto: pixabay
Dokter menemukan banyak batita yang luka karena masih terlalu dini diberikan sepeda roda tiga.

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam satu tahun, sebuah penelitian menemukan bahwa sekitar 9.300 anak-anak harus dirawat di unit gawat darurat (UGD) rumah sakit akibat mengendarai sepeda roda tiga. Dan lebih dari setengah anak-anak yang terluka akibat sepeda roda tiga masih berumur 1-2 tahun.

Dalam kurun waktu 2012-2013, peneliti menemukan bahwa 52 persen dari keseluruhan anak di Amerika Serikat yang terpaksa harus dilarikan ke UGD akibat sepeda roda tiga merupakan anak berusia 1-2 tahun. Dalam penelitian tersebut juga diketahui bahwa anak laki-laki lebih banyak menjadi korban dibandingkan anak perempuan.

Sebagian besar luka yang disebabkan dari kecelakaan sepeda roda tiga pada anak ialah goresan luka menyerupai sayatan. Peneliti juga mengatakan bahwa sebagian besar goresan atau luka tersebut terdapat pada bagian muka anak.

"Orang tua harus sangat memperhatikan apa yang dimainkan oleh anak mereka dan memastikan anak mereka tidak akan terluka," ungkap salah satu peneliti yang juga merupakan asisten profesor pada Emergency Medicine di Emory University School of Medicine di Atlanta, Hany Atallah.

Dalam penelitian yang dipublikasikan pada jurnal, peneliti juga mencatat berbagai luka yang disebabkan oleh sepeda roda tiga di 98 UGD di Amerika. Salah satu akibat dari kecelakaan sepeda roda tiga yang paling umum ditemui ialah kerusakan pada organ, biasanya kepala. Selain itu, ditemukan pula kasus patah tulang pada siku atau seputar tangan.

(baca: Berat Badan Calon Ayah Ternyata Pengaruhi Kesehatan Anak)

Dalam kurun waktu 2012-2013 peneliti mengatakan tidak ada temuan kasus yang menyebabkan anak meninggal akibat sepeda roda tiga. Akan tetapi pada periode 2005-2012, ada 24 kasus kematian anak akibat mengendarai sepeda roda tiga. Penyebab kematian tersebut pada umumnya akibat jatuh atau tenggelam ketika mengendarai sepeda roda tiga.

Dokter anak dari Nicklaus Children's Hospital di Miami, Michelle Blumstein, mengatakan sebagian besar anak yang menderita luka akibat sepeda roda tiga masih terlalu muda untuk mengendarai sepeda tersebut. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian mereka mengalami luka saat mengendarai sepeda yang memang tidak sesuai untuk usia mereka.

Michelle mengatakan usia yang tepat bagi anak untuk mengendarai sepeda roda tiga ialah 3 tahun ke atas. Selain itu, Michelle juga mengingatkan orang tua untuk selalu memakaikan alat pelindung seperti helm pada anak mereka ketika mengendarai sepeda roda tiga.

"Pelindung pergelangan tangan juga direkomendasikan, karena seringkali (kecelakaan sepeda roda tiga) menyebabkan patah pergelangan tangan," jelas Michelle, dikutip dari Safebee, Kamis (10/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement