Rabu 09 Dec 2015 12:37 WIB

Agar Bayi tidak Stres Naik Pesawat Pertama Kali (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bayi ikut dalam penerbangan pesawat
Foto: motherandbaby.co.uk
Bayi ikut dalam penerbangan pesawat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berlibur dengan bayi ke luar kota atau luar negeri pastinya menyenangkan. Pendiri situs perjalanan Tots to Travel, Wendy Shand mengatakan orang tua hanya perlu fokus pada bayinya, terutama saat si buah hati diajak naik pesawat pertama kali.

Membawa bayi dengan pesawat bisa membuatnya stres jika orang tua tak bisa menyikapinya. Berikut beberapa tips supaya bayi Anda tetap tenang di dalam perjalanan udara, dilansir dari Mother and Baby UK, Rabu (9/12). Baca: Ini Tips Agar Bayi tak Stres Naik Pesawat Pertama Kali (1))

5. Jaga bayi tetap terhidrasi

Jika bayi Anda masih menyusui, usahakan tetap terhidrasi. Anda bisa menyusui di dalam pesawat. Untuk bayi yang minum susu botol, siapkan susu tersebut sebelum Anda terbang.

6. Jaga perubahan tekanan udara

Ketika tekanan udara berubah saat terbang, itu bisa mengganggu telinga bayi dan membuatnya menangis. Saat bayi menguap atau membuka mulutnya, dia akan merasakan perubahan tekanan udara tersebut. Jadi, usahakan bayi melakukan gerakan mengisap atau memakai dot.

7. Popok praktis

Kebanyakan pesawat memiliki kamar kecil yang sempit. Jika sudah saatnya bayi Anda berganti popok, siapkan popok yang praktis. Siapkan juga tas khusus berisi tisu dan popok sehingga tak membuat Anda repot.

8. Kelola stres bayi

Jika bayi Anda menangis, cobalah untuk tidak marah. Singkirkan dan antisipasi hal-hal yang membuatnya menangis, misalnya karena lapar, popok kotor, atau cobalah untuk menggendong bayi Anda dan berjalan di dalam pesawat.

9. Ramah pada penumpang lain

Tidak ada yang lebih buruk dari melihat penumpang pesawat lain terganggu dengan tangisan bayi Anda. Oleh sebabnya, cobalah ramah dengan penumpang lain sekitar Anda, misalnya tersenyum atau berbicara singkat dengan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement