Sabtu 29 Apr 2023 10:12 WIB

Naik Pesawat Bareng Anak, Coba Ini Agar Penerbangan Jadi 'Menguntungkan'

Ada satu hal kecil lagi yang harus Anda coba lakukan sebelum penerbangan berikutnya

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Pesawat (ilustrasi). Ada hal yang Anda perlu lakukan agar perjalanan menguntungkan.
Foto: www.freepik.com
Pesawat (ilustrasi). Ada hal yang Anda perlu lakukan agar perjalanan menguntungkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Naik pesawat bersama anak bisa sangat melelahkan. Anda harus memastikan semua kebutuhan Anda dan anak sudah dikemas, utamanya ketika transit dan di tempat tujuan.

Setelah Anda memindahkan semua bagasi ekstra melalui bandara, Anda mungkin juga harus mengatur kereta bayi, kursi mobil, dan barang portabel besar lainnya selama proses naik pesawat. Ada tantangan membuat anak kecil diberi makan dan dihibur.

Baca Juga

Namun, ada satu hal kecil lagi yang harus Anda coba lakukan sebelum penerbangan berikutnya dengan anak-anak jika Anda belum melakukannya. Anda bisa mendaftarkan mereka untuk program hadiah maskapai.

Kenapa harus mendaftarkan anak Anda?

Pendiri Going.com Scott Keyes mengatakan, jika Anda naik pesawat bersama anak, tidak ada alasan untuk tidak mendaftarkan mereka ke akun mil frequent flyer (penumpang setia).

“Mereka bebas untuk mendaftar dan mil yang mereka kumpulkan dari terbang di masa kecil dapat dengan mudah dihitung hingga tiga atau lebih penerbangan gratis pada saat mereka berusia 18 tahun. Ini uang gratis,” kata Keyes.

Jadi, jika Anda akan bersusah payah membeli tiket pesawat yang mahal untuk anak, Anda sebaiknya menggunakan uang hasil jerih payah itu untuk hadiah. “Anak-anak Anda dapat mulai mengumpulkannya sekarang dan Anda dapat menggunakannya untuk perjalanan keluarga,” ujar Direktur Konten Perjalanan di The Points Guy, Summer Hull.

Dilansir laman Huff Post, Jumat (28/4/2023), Hull menyebut di Amerika Seriat (AS) misalnya, setiap program maskapai penerbangan memungkinkan anak-anak memperoleh mil pada dasarnya sama dengan orang dewasa.

“Selama anak itu memiliki tiket berbayar yang memenuhi syarat, mereka bisa mendapatkan mil,” kata Hull.

Tiket berbayar yang memenuhi syarat biasanya hanya tiket saat anak memiliki tempat duduk sendiri. Bayi pangkuan umumnya tidak mendapatkan mil, bahkan jika ada biaya yang terkait dengan tiket untuk pajak dan lainnya.

Proses untuk mendaftarkan anak Anda dalam program frequent flyer berbeda-beda tergantung pada maskapai penerbangan. Namun, dalam banyak kasus, orang tua atau wali yang sah dapat dengan mudah mendaftarkan anak mereka secara daring melalui situs web maskapai atau menghubungi layanan pelanggan.

Hull mengatakan, selain menanyakan informasi dasar seperti nama, tanggal lahir, dan alamat anak Anda, banyak maskapai penerbangan mengharuskan anak memiliki alamat email sendiri untuk bergabung dengan program loyalitas. Setelah Anda mengatur alamat email dan akun frequent flyer anak, mereka dapat memperoleh mil untuk setiap tiket yang memenuhi syarat yang dibeli dari maskapai tersebut.

“Selain itu, beberapa maskapai mengizinkan keluarga untuk mengumpulkan mil mereka bersama untuk mendapatkan penerbangan gratis lebih cepat. JetBlue adalah pemimpin dalam hal ini di AS, dengan kumpulan jarak tempuh keluarga yang diizinkan hingga delapan orang,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement