Sabtu 17 Oct 2015 16:15 WIB

Delapan Makanan yang Bantu Anda Peroleh Tubuh Ideal (1)

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Indira Rezkisari
Alpukat kaya lemak baik, coba padukan dengan sedikit nasi dan gulung ala sushi untuk meraih manfaat baik alpukat.
Foto: EPA
Alpukat kaya lemak baik, coba padukan dengan sedikit nasi dan gulung ala sushi untuk meraih manfaat baik alpukat.

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah selama ini Anda sedang mencari-cari makanan ajaib untuk membuat tubuh menjadi langsing seketika? Mulai sekarang hentikan pencarian itu karena Anda tidak akan mendapatkannya.

Meski begitu, ada beberapa makanan yang menjamin kepuasan Anda terhadap bentuk tubuh karena mampu memberi efek kenyang lebih lama. Apa saja makanan yang dapat mengontrol nafsu makan Anda, seperti dikutip dari News.com.au, Sabtu (17/10)?

Apel

Sulit ada yang bisa mengalahkan renyahnya gigitan apel yang masuk ke mulut Anda. Apel mengandung kalori rendah dan mengandung jenis tekstur yang membutuhkan waktu untuk makan. Dibandingkan dengan jus apel, buah apel mengandung serat penekan nafsu makan yang memperlambat pengosongan lambung dan perut keroncongan.

Telur

Telur penuh dengan protein yang dapat membantu Anda mempertahankan massa otot. Telur juga kaya akan vitamin B12 yang efektif membantu memecah sel-sel lemak. Baik itu disajikan dengan direbus, dipanggang, atau orak-arik, telur menjadi ‘pemain’ tim serbaguna dalam omelet ataupun sebagai tambahan makanan favorit Anda.

Kacang

Ada segudang alasan baik mengapa Anda bisa menikmati segenggam kacang setiap hari sebagai bagian dari diet pelangsing. Kacang memang mengandung lemak, namun tubuh tidak benar-benar menyerap semua lemak dalam kacang. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa  berat pemakan kacang makan lebih ringan dibandingkan non pemakan kacang. Terlebih lagi, lemak dan serat kacang membantu kerja di usus. Ini memberikan efek kenyang, mengendalikan nafsu makan.

Alpukat

Melawan lemak dengan lemak. Mantra rendah lemak dari tahun 80an dan 90an adalah semua orang agar kembali ke sumber tanaman yang sehat lemak seperti alpukat. Dengan mayoritas lemak menjadi jenis yang sehat (mono-unsaturated), alpukat memiliki kemampuan yang terbukti mampu meredam  rasa lapar. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Nutrition, 40 persen partisipan yang mengonsumsi setengah alpukat segar saat siang melaporkan dapat menurunkan keinginan makan selama berjam-jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement