Jumat 21 Oct 2022 12:30 WIB

Delapan Makanan yang Bikin Tubuh Jadi Ideal

Menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah.

Rep: Haura Hafizah/ Red: Muhammad Hafil
Makanan sehat (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Makanan sehat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah tetapi mempertahankannya. Itu bahkan lebih sulit. Jika Anda ingin mempertahankan tubuh ramping seumur hidup, hal terpenting adalah mengadopsi kebiasaan makan yang cerdas dan berkelanjutan.

Dilansir dari eatthis pada Jumat (21/10/2022), apa yang membantu Anda menurunkan dan mempertahankan berat badan adalah kebiasaan yang Anda masukkan ke dalam kehidupan sehari-hari dan Anda ikuti secara konsisten.

Baca Juga

Berikut delapan makanan yang bikin tubuh ideal yaitu :

1. Tingkatkan Asupan Serat

 

Serat datang dalam berbagai bentuk dari sayuran dan buah-buahan hingga kacang-kacangan serta biji-bijian. Serat tidak hanya dapat membantu saluran pencernaan Anda tetap sehat dan teratur, tetapi juga dapat meningkatkan kekebalan dan membantu menghilangkan kolesterol dari tubuh Anda.

Karena sebagian besar diet menghilangkan karbohidrat, mereka juga menghilangkan serat, yang dapat menyebabkan masalah termasuk sembelit, gangguan pencernaan, kelelahan, kekurangan vitamin tertentu dan bahkan kekebalan yang buruk.

2. Cobalah Makan Bervolume

Makan bervolume adalah konsep yang menarik dan relatif baru untuk makan pola diet seimbang, padat nutrisi, rendah kalori tanpa mengorbankan rasa lapar. Pendekatan ini berpusat di sekitar makan makanan dalam jumlah besar yang rendah kepadatan kalori. Akibatnya, Anda dapat menghindari rasa lapar yang sering menyertai diet.

3. Sertakan Protein Setiap Kali Makan

Protein sangat penting untuk menjaga massa otot dan juga lebih mengenyangkan daripada zat gizi makro lainnya.

4. Mulailah Membagi Makanan Ringan Terlebih Dahulu

Saat mengemil langsung dari kantong, terlalu mudah untuk makan berlebiha bahkan dengan makanan sehat. Saat mengemas makanan ringan untuk bekerja atau bahkan untuk dinikmati di rumah.

Ketika berbicara tentang makanan padat kalori seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, mentega kacang dan biji-bijian, buah kering dan keju akan sangat membantu untuk mengeluarkan gelas ukur dan sendok. Idenya hanya untuk membiasakan diri melihat seperti apa ukuran satu porsi, sehingga pada akhirnya Anda tidak perlu mengukurnya lagi, melainkan dapat mengetahui secara visual apa sebenarnya satu porsi itu.

5. Prioritaskan Makanan Utuh daripada Makanan Olahan

Selain membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya, salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan adalah membuang makanan olahan dan menggantinya dengan alternatif yang lebih bergizi.

6. Tambahkan Lemak Tak Jenuh ke Setiap Makanan

Tidak ada alasan untuk takut akan lemak ketika Anda mencoba mempertahankan tubuh tanpa lemak itu menambah rasa kenyang pada makanan Anda, seperti halnya protein dan serat. Tidak semua sumber lemak diciptakan sama.

Sedangkan lemak jenuh yang menyumbat arteri ditemukan di banyak produk hewani seperti bacon, steak dan keju, lemak tak jenuh cenderung ditemukan dalam makanan nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat dan minyak zaitun.

7. Isi Setengah Piring dengan Sayuran

Karena sayuran rendah kalori dan tinggi serat, mereka adalah pilihan yang sangat baik apakah Anda mencoba menurunkan atau mempertahankan berat badan. Jadi, pastikan untuk menumpuknya setidaknya dua kali sehari.

8. Makan Lebih Banyak Kacang-Kacangan

Makanan yang ideal untuk menjaga tubuh tetap ramping adalah yang tinggi protein dan serat serta rendah lemak. Jenis makanan yang pasti sesuai dengan kebutuhan ini adalah kacang-kacangan. Ini adalah biji kering yang dapat dimakan yang berasal dari tanaman dalam keluarga kacang-kacangan dan termasuk kacang-kacangan, lentil, buncis dan kacang polong.

Sumber :

https://www.eatthis.com/lean-body-eating-habits/

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement