Jumat 02 Oct 2015 12:34 WIB

Ini Anjuran Stimulasi untuk Delapan Kecerdasan Anak (2-Habis)

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ada delapan tipe kecerdasan anak, orang tua perlu mencari tahu mana kecerdasan yang paling menonjol dari anak dan mengoptimalkanya.
Foto: pixabay
Ada delapan tipe kecerdasan anak, orang tua perlu mencari tahu mana kecerdasan yang paling menonjol dari anak dan mengoptimalkanya.

REPUBLIKA.CO.ID, Alat dan aktivitas stimulasi yang dianjurkan sudah ada untuk word smart, number smart, self smart dan people smart. Lalu alat dan aktivitas stimulasi apa yang cocok untuk music smart, picture smart, nature smart dan body smart.

Thomas Armstrong, Ph.D., seorang ahli di bidang Multiple Intelligences mengatakan untuk music smart, sediakan alat stimulasi berupa instrumen perkusi, keyboard elektrik, drum, piano atau instrumen musik lainnya. Aktivitas stimulasinya bisa bernyanyi atau main musik bersama, mendengarkan musik bersama, dan nonton konser musik.

Bagaimana dengan picture smart? Alat stimulasinya bisa berupa buku gambar, alat-alat menggambar (cat, kapur warna atau kranyon), malam, mainan puzzle juga kamera. Aktivitas stimulasinya bisa menggambar bersama keluarga, menonton film, atau mengunjungi museum seni.

Berbeda dengan anak yang dominan body smart. Alat stimulasinya bisa berupa kantong pasir, balok-balok kayu, peralatan senam tali untuk main lompat tali, peralatan pertukangan untuk membangun sesuatu.

Aktivitas stimulasinya seperti berolahraga bersama keluarga. Membuat prakarya, nonton pertunjukkan balet atau teater. Sedangkan nature smart, alat stimulasinya bisa akuarium, terarium, binatang peliharaan, kebun, tanaman dalam ruangan serta alat teropong untuk melihat burung-burung.

Aktivitas stimulasi bisa berupa jalan-jalan di alam bebas, memelihara binatang juga berkebun bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement