Jumat 02 Oct 2015 12:24 WIB

Ini Anjuran Stimulasi untuk Delapan Kecerdasan Anak (1)

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Perkenalkan anak Anda ke berbagai jenis pengalaman yang luas cakupannya. Hal ini dapat mengaktifkan kecerdasan pembelajaran laten mereka.
Foto: pexels
Perkenalkan anak Anda ke berbagai jenis pengalaman yang luas cakupannya. Hal ini dapat mengaktifkan kecerdasan pembelajaran laten mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, Kecerdasan anak ada delapan. Untuk membuatnya berkembang pesat perlu alat stimulasi juga aktivitas stimulasi yang tepat. Apa saja ya?

Thomas Armstrong, Ph.D., seorang ahli di bidang Multiple Intelligences menjelaskan untuk word smart, dibutuhkan alat stimulasi berupa buku anak-anak, majalah yang dapat digunting, huruf alfabet dalam berbagai ukuran dan bentuk, juga mainan blok berbentuk kata-kata.

Aktivitas stimulasi yang dapat dilakukan adalah kegiatan bercerita, membaca bersama dan melakukan dialog percakapan. Untuk number smart, alat stimulasinya bisa berupa benda-benda untuk dihitung, balik bertuliskan angka-angka, timbangan untuk mengukur berat, gelas ukuran, komputer, puzzle dan abacus. Aktivitas stimulasinya berupa main monopoli ataupun mengunjungi museum ilmu pengetahuan.

Sementara untuk self smart, alat stimulasinya bisa tempat yang nyaman untuk anak bermain sendiri, materi untuk hobi khusus, boneka, dan materi untuk permainan peragaan. Aktivitas stimulasinya bisa ajak si kecil bicara tentang perasaannya atau melakukan aktivitas untuk mengurangi stress seperti yoga.

Sedangkan untuk people smart, alat stimulasinya bisa kostum untuk main drama, istana boneka, action figure dan teater boneka. Lalu aktivitas stimulasinya bisa bermain bersama di luar rumah, datang ke acara perayaan keluarga dan main games bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement