Rabu 19 Aug 2015 09:40 WIB

Kenali Jenis Penyakit Bilirubin pada Anak

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Kondisi kuning pada bayi (Ilustrasi)
Foto: Google
Kondisi kuning pada bayi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit kuning sering terjadi pada bayi yang baru lahir secara normal maupun prematur. Penyakit ini sering juga disebut bilirubin.

Penyakit kuning terjadi akibat adanya penumpukan zat berwarna kuning yang disebut bilirubin di dalam darah dan jaringan tubuh. Bilirubin merupakan zat sisa yang dihasilkan ketika sel darah merah terurai.

Dr. Asti Praborini, Sp.A, IBCLC mengatakan berdasarkan penyebabnya, penyakit kuning terbagi menjadi tiga jenis penyakit kuning pre-hepatic, intra-hepatic, dan post-hepatic.

"Penyakit kuning pre-hepatic terjadi ketika kadar bilirubin meningkat akibat penguraian sel darah merah yang terjadi secara lebih cepat daripada normal. Penyakit kuning jenis ini dapat diderita oleh berbagai umur termasuk anak-anak."

Sementara Penyakit kuning post-hepatic, dikatakan dia lebih lajut terjadi ketika terganggunya pembuangan cairan empedu yang mengandung bilirubin ke dalam sistem pencernaan, misalnya akibat saluran empedu yang terhambat, mengalami radang atau bahkan rusak.

"Penyakit Kuning intra-hepatic maupun post-hepatic lebih sering diderita oleh bayi yang memasuki usia tujuh sampai delapan bulan," tutup dokter yang praktek di RS. Puri Cinere kepada ROL belum lama ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement